Lansia Bintan Capai 8.840 Jiwa

0
334
BUPATI Bintan H Apri Sujadi menyerahkan bantuan kepada lansia, belum lama ini. f-dok/tanjungpinang pos

Pemkab Bintan Pertahankan Program Kesehatan Gratis

BINTAN – DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan mencatat, jumlah warga tergolong lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun, sebanyak 8.840 orang, pada tahun 2017 lalu. Angka lansia itu bertambah, dan menggambarkan tingkat kesehatan manusia di Bintan semakin baik, dari implementasi program kesehatan.

Jumlah lansia sebanyak 8.840 jiwa itu, 5,8 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Bintan sebanyak 151.248 jiwa. Dari 8.840 jiwa, lansia perempuan sebanyak 4.306 jiwa dan lansia laki-laki 4.534 jiwa.

”Tingkat kesehatan kaum lansia di Bintan semakin baik. Saat ini lansia di Bintan mencapai 8.840 jiwa. Makanya, kita pertahankan program kesehatan gratis. Sehingga, angka kematian semakin turun,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan di Kantor Bandar Seri Bentan, Selasa (10/4) kemarin.

Menurut bupati, lansia selayaknya mendapatkan prioritas di setiap pelayanan pemerintahan. Pemkab Bintan juga akan memberikan perhatian khusus terhadap warga yang tergolong lansia. Hal tersebut diharapkan dapat mewujudkan terciptanya kabupaten yang ramah lansia.

”Lansia selalu mendapatkan prioritas layanan kesehatan. Pemkab Bintan juga memberikan beberapa bantuan stimulan, untuk kesehatan dan kesejahteraan lansia,” sebutnya.

Untuk mewujudkan Kabupaten Bintan sebagai lokasi ramah lansia, jelas H Apri Sujadi, Pemkab Bintan terus memberikan layanan terbaik kepada lansia. Baik transportasi, pemeriksaan kesehatan atau kegiatan sosial lainnya.

Beberapa lokasi yang diciptakan untuk aktivitas lansia seperti taman di Masjid Raya Nurul Iman Kijang, taman Kijang City Walk, taman Kolam Kijang. Di lokasi ini, bisa digunakan lansia untuk akses jalan kaki maupun aktivitas sehat lainnya.

”Begitu juga di taman Sri Kuala Lobam dan beberapa lokasi lainnya. Kita terus menciptakan inovasi, dalam menunjang program kesehatan gratis di Bintan ini,” jelasnya.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here