Lantamal Gelar Hari Armada

0
23
Suasana peringatan HUT Armada tahun 2018 di Markas Komando (Mako) Lantamal IV Tanjungpinang. F-istimewa

TANJUNGPINANG – Wakil Komandan (Wadan) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso memimpin upacara peringatan Hari Armada tahun 2018 di wilayah Tanjungpinang.

Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Rabu (5/12).

Tema hari Armada tahun ini mengambil tema ”Armada RI Ksatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara, Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan NKRI”.

Menurut Wadan Lantamal IV upacara yang dilaksanakan setiap tahun ini tidak hanya kegiatan serimonial semata, tetapi merupakan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas peran Komando Armada (Koarmada) I, Koaramada II dan Koarmada III dalam melaksanakan tugas pertahanan di laut.

”Peringatan Hari Armada juga menjadi wujud introspeksi dan evalusasi bagi seluruh jajaran armada atas pelaksanaan tugas yang telah diemban sehinga kedepan diharapkan semakin optimal,” katanya.

Selanjutnya, dengan adanya organisasi TNI AL yang telah digelar dalam tiga Armada dan karakteristik ancaman yang harus dihadapi maka diperlukan suatu postur kekuatan Koaramada dengan tingkat kesiapan operasional yang tinggi. ”Hal inilah yang menjadi landasan dalam kebijakan pembangunan kemampuan dan kekuatan TNI Angkatan Laut ke depan,” sebutnya.

Menurutnya, upaya penataan gelar pasukan TNI perlu ditindak lanjuti dengan penetapan komando pelaksana di tiap-tiap Armada dan pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya.

Sementara itu, Kordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada I (DJA I) memamerkan berbagai macam hasil kerajinan khas Tanjungpinang yang berada di stand Lantamal IV disekitar tempat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Armada di Komplek Ksatrian Pondok Dayung Koarmada I Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (5/12).

Pada stand tersebut Korcab IV DJA I memamerkan antara lain baju adat khas melayu serta beberapa kerajinan yang di rangkum dalam Kreasi Gurindam Korcab IV DJA I seperti kain batik bermotif khas Tanjungpinang, kerajinan tangan berupa tas tangan sampai tempat tissue serta makanan ringan khas Tanjungpinang.

Karena menariknya berbagai macam kerajinan khas Tanjungpinang yang dipamerkan pada stand tersebut membuat beberapa mantan pejabat Danlantamal IV, serta pejabat TNI AL serta purnawirawan mengunjungi serta melihat langsung dari dekat berbagai perelengkapan kerajinan yang dipamerkan. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here