Lapangan Kerja Sulit, Pelamar PTT Membeludak

0
235
Sahtiar SH MM

ANAMBAS – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas masih belum bisa mengakomodir kebutuhan tenaga kerja yang akan ditampung oleh Pemkab Anambas sebagai tenaga kerja Pegawai Tidak Tetap (PTT).

Pesertanya sudah melebihi kuota. Tidak dipungkiri untuk mendapatkan pekerjaan di Anambas cukup sulit. Masih minim lapangan pekerjaan dari pihak swasta.

Ia juga menyarankan, bagi anak Anambas yang telah selesai atau menamatkan sekolah di tingkatan menengah atas atau SLTA agar bisa melanjutkan sekolahnya di perguruan tinggi.

“Kalau untuk menampung tenaga kerja yang bekerja di lingkungan Pemkab atau PTT saya tidak berani jamin, saat ini saja surat lamaran sudah ada 500 lebih berkas di dinas terkait menangani bidang pegawai,” sebut Sahtiar, Sekda Anambas kepada wartawan, kemarin.

Sahtiar mengakui, saat ini Pemda belum mampu mengakomodir permintaan tersebut. Pasalnya, jumlah PTT sudah mencapai 3.592 orang serta Pemda juga mengalami keterbatasan anggaran.

“Lonjakan ini memang karena tidak ada pilihan lain. Kemudian juga, selama ini ada moratorium untuk CPNS, sehingga kita memberdayakan PTT untuk menutupi kekurangan tenaga. Kalau pun ada yang ada diterima didalam waktu dekat, itu karena menggantikan posisi PTT yang telah menngundurkan diri,” jelas dia.

Hal itu sangat sedikit sekali jumlahnya terkait PTT yang berhenti atau mengundurkan diri. Ia juga menegaskan kapada PTT yang masih aktif agar bisa bekerja secara maksimal dan ikuti aturan yang berlaku, sebab masih banyak anak-anak yang belum mendapatkan pekerjaan dan selalu menunggu hal itu.

“PTT yang berhenti atau mengundurkan diri jumlahnya sedikit, tapi yang menunggu menjadi PTT sangat banyak. Olehnya itu, PTT yang ada diharapakan agar bisa bekerjalah secara maksimal dan ikuti aturan yang berlaku,” ujarnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here