Laporan Keuangan Desa Cukup Satu Lembar

0
534
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

MALANG – Ternyata, laporan keuangan desa itu tidak ribet. Presiden Jokowi juga telah merespon itu dan laporan keuangan desa harus lebih sederhana. Bahkan, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Keuangan, Mendagri, Menteri Desa dan Bappenas agar segera mengkaji format laporan keuangan desa yang lebih sederhana dan cukup satu lembar saja.

Hal itu ditegaskan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat dicegat wartawan usai acara serasehan peningkatan aparatur desa di Kota malang, Selasa (1/8).

“Permintaan laporan keuangan yang disederhanakan itu sudah diterima oleh bapak presiden. Beliau langsung yang memanggil Mendagri, Mendes, Bappenas dan Menkeu dan menyampaikan hal itu,” kata Tjahjo.

Baca Juga :  Pemprov Gagas Roro Rute Pinang-Malaysia

Bahkan kata menteri Tjahjo, aturan tentang laporan keuangan desa yang lebih sederhana telah ada. Meski begitu, laporan keuangan desa yang disederhanakan tidak mengurangi akuntabilitas laporan pertanggungjawaban keuangan dana desa. Mesti tetap harus ada bukti pengeluaran.

“Aturan sudah ada. Tapi memang kwitansi-kwitansinya harus tetap ada dong. Ini satu lembar detailnya yang rinci. Untuk lampiran-lampirannya berup[a kwitansi atau nota belanja,” kata Tjahjo.(*/jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here