Laporan LKPM Online Diterapkan di Batam

0
30
Sosialisasi LKPM secara online yang diterapkan di Batam, Selasa (126) di Batam F-HUMAS BP/istimewa

BATAM – Penerapan pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) secara online kini diterapkan di Batam. Sosialisasi tata cara dan teknis pengisian LKPM secara online dilakukan, agar semua perusahaan perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang dapat izinan investasi.

Hal ini disampaikan oleh Kasubdit Wilayah Riau, Jambi dan Kepri BKPM-RI, Yayat Hendrajaya, Selasa (12/3) di Batam. ”PMA yang dapat izin investasi diakui dapat menyampaikan LKPM online secara berkala dan tepat waktu,” katanya.

Acara yang digelar PTSP BP Batam dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI diikuti seratusan pelaku usaha yang bermitra dengan BP Batam. ”Pengendalian pelaksanaan penanaman modal telah diatur dalam peraturan BKPM Nomor 7 Tahun 2018 dan PP Nomor 24 Tahun 2018,” sambungnya.

Diakui, itu terkait adanya kewenangan pengendalian pelaksanaan penanaman modal. Kewenangan pengendalian itu, seperti pemantauan, pembinaan, dan pengawasan. Kewenangan itu diperuntukkan terhadap seluruh pelaku usaha dan perizinan berusaha.

”Kalau PP Nomor 24 Tahun 2018, hadir sebagai bentuk kemudahan, percepatan dan peningkatan penanaman modal dan perizinan berusaha,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi BKPM RI, Zuli Taufik mengatakatan, perizinan berusaha dimaksud, diterbitkan melalui OSS.

”Diharapkan, akan menimbulkan perubahan sikap dalam kesungguhan realisasi investasi oleh pelaku usaha dan memudahkan pelaku usaha,” kata dia.

Bila melewati batas waktu pemenuhan komitmen, maka perizinan tidak berlaku atau dicabut.

”Kemudian perlunya perubahan sikap oleh aparatur pemerintah agar lebih responsif dalam pengecekan pemenuhan komitmen pelaku usaha,” tutup Zuli. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here