Laporkan Jika Ada Air Kemasan Bermasalah

0
591
BEBERAPA air minum kemasan gelas merek Atarin yang tidak layak konsumsi karena terdapat lumut di dalamnya. F-ISTIMEWA

Dinas Kesehatan (Dinkes) Karimun mengimbau agar masyarakat melapor kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) jika menemukan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang bermasalah atau kualitasnya diragukan.

KARIMUN – ”Beberapa hari lalu, kami mendapat kabar ada Kantor Pemerintahan mendapati AMDK merek Atarin. Di dalam kemasan selain air berwarna bening, ada benda lain berwarna kemerahan. Sehingga diragukan untuk meminumnya,” kata Rahmadi, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Karimun, Minggu (18/2) siang

Terkait temuan air Atarin tersebut, pihaknya telah lakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Staf Dinas Kesehatan pun telah, melakukan pencarian dipasar untuk memeriksa.

”Diharapkan mengharap masyarakat melapor jika masih menemukan AMDK yang diragukan kwalitasnya,” pesan Rahmadi.

Dinkes tidak memiliki wewenang, untuk menghentikan sementara produk air minum merek dagang Atarin. Demikian halnya melakukan penarikan produk dari pasar, kewenangan tersebut dimiliki BPOM. Terkecuali untuk air minum air isi ulang, Dinkes Karimun tidak memiliki wewenang, Karena izin air minum dalam kemasan menjadi kewenangan BPOM.

Ke depan, jika ada menemukan AMDK bermasalah apa mereknya harus melapor pada Dinas Kesehatan. Sehingga, mudah melakukan penertiban atau mensosialisasikan pentingnya kehatihatian mengonsumsi AMDK.

Terutama jika yang menemukan adalah Kantor Pemerintahan, segera melapor denga membawa sampelnya untuk diuji laboratorium. ”Dengan demikian akan lebih cepat diketahui apa saja jenis atau isi di dalam AMDK tersebut. Apakah layak di kosumsi atau tidak, sehinggar terhindar dari hal yang tidak dinginkan,” tutur Rahmadi.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here