Laporkan SPT Pajak Lewat e-Filing

0
505
BAYAR PAJAK: Warga saat membayar pajak di Kantor Samsat Tanjungpinang, belum lama ini. f-raymon/tanjungpinang pos

Petugas Pajak Sambangi Pelaku UMKM

TANJUNGUBAN – Pembayaran pajak di Bintan baik perusahaan maupun pribadi akan membayar pajak melalui sistem e-filing. Rencananya mulai berlaku Maret ini.

Pihak Kantor Pajak Pratama (KPP) Bintan menyambangi puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tanjunguban sekaligus mensosialisasikan penggunaan e-filing untuk melaporkan SPT pajak dan juga melakukan tax amnesty.

Chairuddin Umsohi Kepala Kantor Pajak Pratama Bintan mengatakan, aksi ini dilakukan untuk mempercepat penggunaan e-filing bagi Wajib Pajak (WP). Hal ini dilakukan agar wajib pajak mudah melakukan pembayaran pajak.

”Kami targetnya akhir Maret ini wajib pajak sudah menggunakan e-filing, karena semua pembayaran pajak akan menggunakan sistem tersebut, baik perusahaan maupun pribadi,” sebutnya, Rabu (1/3).

Ia mengatakan, untuk itu pihaknya siap menjemput bola bagi wajib pajak yang ingin mendaftarkan e-filing melalui petugas pajak terdekat, sehingga wajib pajak dapat membayar pajak dengan tepat waktu.

”Modalnya cukup punya email, nanti kami bantu. Bagi yang tidak mengerti dapat langsung datang ke kantor,” jelasnya.

Untuk pelaku UMKM, ia mengharapkan segera melakukan pendaftaran e-filing, karena dengan kemudahan ini pembayaran pajak dapat dilakukan dengan mudah, tanpa menggunakan fisik dokumen kertas dan diantar ke kantor pajak.

”Selain ini juga kami harapkan bagi wajib pajak yang belum mengikuti tax amnesty dapat mendaftarkan segera. Hingga awal Maret ini atau tahap ketiga, jumlah setoran tax amnesty untuk Bintan sudah mencapai Rp 64 miliar. Kalau bisa jumlah ini meningkat lagi,” tambahnya.

e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP).

Layanan e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak telah terintegrasi dalam layanan DJP Online.

Bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan menggunakan Formulir 1770S dan 1770SS dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT-nya secara langsung pada aplikasi e-Filing di DJP Online.

Untuk penyampaian laporan SPT pajak lainnya, e-Filing di DJP Online menyediakan fasilitas penyampaian SPT berupa Loader e-SPT.

Melalui Loader e-SPT ini, SPT yang telah dibuat melalui aplikasi e-SPT dapat disampaikan secara online tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). (aan/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here