Laut Anambas Layak Budidaya Mutiara

0
555
BUPATI Abdul Haris dan Wakil Bupati Wan Zuhendra serta Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan bersama tim budidaya kerang mutiara.f-istimewa/tanjungpinang pos

Perairan laut Kabupaten Kepulauan Anambas dinilai sangat cocok untuk budidaya kerang mutiara. Pemasaran hasil budidaya mutiara tentu membutuhkan investor termasuk untuk mengembangkan budidaya mutiaa itu sendiri.

ANAMBAS – Tahun 2019 nanti, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan akan melakukan event sistem lelang kategori Kerang Mutiara. Rombongan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, telah melakukan kunjungan kerjanya terkait pilot project Kerang Mutiara di Desa Bayat Kecamatan Palmatak.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris SH melihat langsung, hasil budidaya kerang mutiara yang berhasil dengan baik.

Baca Juga :  Dua Provider Masih Atasi Gangguan

Ia pun langsung memerintahkan kepada Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Pemkab Anambas, agar dapat membuat suatu event di tahun 2019 mendatang.

”Pilot project yang kemarin dikunjungi oleh rombongan Bupati, dan Wakil Bupati Anambas terkait budidaya kerang mutiara. Ada sekitar 400 kerang yang telah menghasilkan mutiara yang kualitasnya cukup baik,” Kata Effy Sjuhairi, selaku Kepala Dinas Perikanan Perikanan dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas ketika di lokasi budidaya kerang mutiara, Senin (10/12).

Menurutnya, untuk pengembangan budidaya kerang mutiara di Anambas tidak mengalami kendala yang signifikan.

Potensi laut yang ada sangat mendukung, dan dibuktikan telah dihasilkan sejumlah kerang menghasilkan mutiara yang sangat bernilai ekonomis.

Baca Juga :  10 Proyek Belum Diproses Lelang

”Kalau soal lautnya tidak menjadi persoalan, bahkan pak bupati perintahkan untuk membuat event tahun 2019 mendatang,” ucap dia.

Namun ia mengatakan, persoalan budidaya tidak ada masalah hanya saja terkait pemasaran kerang tersebut dan tentu butuh investor yang membidangi hal tersebut.

Pasar mutiara ini tidak banyak, pastinya khusus sebab nilainya cukup menjanjikan dalam peningkatan ekonomi.

”Kami butuh investor yang serius dalam melakukan pemasaran. Saat ini, kita masih tahap uji coba dan belum masuk ketingkat pemasaran,” sebut dia.

Baca Juga :  Pemkab Gelar Goro Selama Sepekan

Ia melanjutkan, jika ke depannya ada investor yang serius untuk mengelola atau berinvestasi maka Pemda akan menyediakan fasilitas seperti lahan yang baik di laut. Apalagi laut Anambas masih asli.

”Kita berikan lahan yang terbaik, jika ada investor yang serius. Ketika event nanti di gelar, kita juga akan mengundang sejumlah investor mutiara datang ke Anambas,” tutup dia. (INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here