Laut Natuna Aman, Gurita Membahagiakan

0
207
MENTERI Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memegang lobster berukuran besar saat berkunjung ke Natuna pada kegiatan pelepasan indukan lobster dan ikan Kerapu Sunu. f-dokumen/tanjungpinang pos
Kepala Desa Pulau Tiga Zakaria mengapresiasi perhatian pemerintah terhadap laut Natuna. Belakangan ini laut Natuna disebut aman dari gangguan tindakan illegal fishing. Kini gurita sudah banyak lagi di laut Natuna.

NATUNA – Menurutnya, kondisi aman ini terwujud berkat kerja keras dan keberanian pemerintah dalam menumpas segala bentuk tindak pidana. Terutama sekali, tindak pidana illegal fishing di Laut Natuna selama beberapa tahun belakangan ini.

”Terima kasih kami haturkan kepada pemerintah terutama sekali TNI Angkatan Laut, dan PSDKP yang telah berhasil mengamankan Laut. Sekarang Laut Natuna tidak lagi seperti pasar. Sebelumnya, saking ramainya kapal nelayan asing mencuri ikan,” kata Zakaria di SKPT Selat Lampa, kemarin.

Ia melanjutkan, sebelum adanya tindakan tegas dari pemerintah terhadap pelaku tindak pidana illegal fishing itu. Nelayan Natuna seakan tidak memiliki ruang di lautnya sendiri, bahkan nelayan setempat kalah dari semua aspek dengan nelayan asing karena alat tangkap yang dipergunakan pencuri ikan.

Sebab, alat para pencuri ikan jauh lebih canggih dan kapasitasnya jauh lebih besar.

”Dulu kita hanya dapat menonton saja, saat mereka mengangkat ikan-ikan kita dari laut. Apalagi kalau malam laut ini terang benderang, oleh lampu-lampu nelayan asing itu. Tapi sekarang alhamdulillah, hal semacam itu sudah tidak ada lagi,” ujar Zakaria.

Dikatakannya, kondisi ini menimbulkan efek yang sangat positif terhadap keberlangsungan habitat laut dan tingkat penghasilan nelayan itu sendiri.

”Sekarang nelayan kita sudah merasa nyaman melaut, karena mereka sudah tidak lagi bersaing dengan nelayan-nelayan luar negeri. Penghasilan mereka pun juga semakin bertambah banyak,” sebutnya.

Ia mencontohkan, dulu spesies gurita cukup susah didapatkan oleh masyarakat karena diyakini jenis ikan yang satu ini habis ditarik oleh nelayan asing.

Tapi sekarang gurita sudah terlihat semakin banyak, bahkan sudah gampang ditemukan di bebatuan-bebatuan pinggir laut. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here