Laut Natuna Diterpa Angin Kencang dan Ombak Tinggi

0
157
GELOMBANG TINGGI: Cuaca buruk gelombang tinggi disertai angin kencang masih menyelimuti Natuna dan terlihat di salah satu pantai di Natuna. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Memasuki awal tahun baru 2018 gelombang tinggi dan angin kencangmasih terjadi di perairan Natuna. Tidak hanya ombak, tetapi mulai dari hujan dan angin kencang sampai gelombang tinggi.

Adanya daerah tekanan rendah di perairan Natuna yang bergerak ke barat, menuju ke perairan Anambas menyebabkan masih terjadi penumpukan awan-awan berpotensi hujan di wilayah Natuna.

”Mulai dari pagi hari probabilitas potensi hujan ringan-sedang terjadi di wilayah Pulau Bunguran sebagian, Midai, Pulau Tiga, Bunguran Barat, Serasan dan Subi sekitar 50 persen,” jelas Prakirawan BMKG Natuna Asrul, Senin (1/1/18).

Secara umum, wilayah Natuna untuk pembentukan awan tebal dan gelap (konvektif) masih terjadi dari pagi sore hingga dini hari. Potensi hujan bersifat merata dan lokal masih akan terjadi di wilayah Natuna.

Untuk potensi angin cukup kencang, dan dapat terjadi mulai siang hingga malam dan dini hari. Sehingga, masih berpengaruh terhadap ketinggian gelombang terutama di perairan Natuna.

”Diperkirakan potensi ini masih terjadi selama 2 hari ke depan. Sebab, terjadinya penurunan kecepatan angin dan tinggi gelombang laut di perairan Natuna karena perubahan arah angin dari arah timur hingga selatan,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengimbau bagi masyarakat terutama nelayan dan kapal pelayaran untuk waspada dan berhati-hati melaut. Ia melanjutkannya, terutama di perairan laut Natuna bagian Utara, Barat dan Timur karena berpotensi gelombang mencapai 3 meter.

”Diperkirakan gelombang maksimum dua kali lipat tinggi gelombang yang tertera di atas. Kepada masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap awan CB (awan gelap dan tebal), karena dapat menimbulkan hujan lebat, guntur disertai petir dan angin kencang. Kondisi ini menyebabkan terjadinya gelombang laut tinggi secara tiba-tiba,” imbuhnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here