Layanan di Kampung Bulang Sudah Online

0
384
Lurah kampung Bulang, Rony Saputra sedang memperlihatkan pelayanan sistem online

Kelurahan Kampung Bulang satu-satunya kelurahan yang menggunakan layanan online dalam memberikan layanan administrasi kepada masyarakat.

TANJUNGPINANG – Program layanan administrasi online dilakukan untuk mewujudkan pelayanan pemerintahan yang berkualitas bagi masyarakat di tingkat kelurahan. Dari 18 kelurahan di Tanjungpinang baru Kelurahan Kampung Bulang menerapkan sistem online. Tak heran, kalau Kelurahan Kampung Bulang merupakan kelurahan terbaik di Tanjungpinang.

Lurah Kelurahan Kampung Bulang Rony Saputra mengatakan, semua bentuk pelayanan administrasmengunakan sistem online. Baik ingin melihat Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) milik masyarakat.

Masyarakat bisa melihat hingga mengetahui langsung apakah sudah mengambil atau belum tagihan pajak PBB, bisa dilihat di aplikasi hape. Melalui pelayanan online, masyarakat juga akan tahu kalau dirinya punya tunggakan membayar PBB atau tidak. Masyarakat juga bisa melakukan pengecekan sudah teregister atau belum surat tanah khusus untuk alasak dan Surat Keterangan Ganti Kerugian (SKGR).

”Kitakan punya website Kelurahan Kampung Bulang. Masyarakat bisa mengunjungi website kita,” ucap dia.

Selain itu, pihaknya sudah memiliki Perpustakaan online Kelurahan Kampung Bulang. Kemudian, ada juga sistem informasi kartu keluarga. Jadi, masyarakat tinggal mengecek Kartu Keluarga (KK) di rumah saja. Cukup pegang Hape lalu ketik RESI spasi nomor resi lalu kirim ke 08117722622.

”Kita punya operator khusus. Pelayanan yang kita berikan pada jam kerja saja,” terang dia.

Selain pelayanan sistem online, Kelurahan Kampung Bulang punya produk unggulan. Seperti sambal Lengkong dan sotong. Produk unggulan ini dibuat ibu PKK Kelurahan Kampung Bulang. Ada juga kerajinan tangan berbahan dari sisi ikan.

”Kita sudah melaksanakan serta mensukseskan program Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur) dan Gerakan Nasional Orang Tua Mengajari Anak Membaca Buku (Gernas Baku). Dua program pendidikan itu dari nasional. Tapi, sudah kita terapkan di Kelurahan Kampung Bulang,” ujarnya.

Adanya keunggulan tersebut, pihaknya hanya mematangkan dokumen maupun persyaratan untuk memenuhi lomba kelurahan tingkat Provinsi Kepri.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here