Layanan RSUD Bintan Layak Berstandar Nasional

0
1305
MENILAI AKREDITASI: Tim surveyor KARS pusat menilai simulasi akreditasi di RSUD Bintan, belum lama ini. f-yendi/tanjungpinang pos

Survei Akreditasi Pelayanan Nasional

KIJANG – Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) nasional melakukan survei simulasi akreditasi terhadap RSUD Kabupaten Bintan, di Kijang, Kamis (5/10) sampai dengan Jumat (6/10), baru-baru ini. Berdasarkan penilaian tim KARS nasional, RSUD Bintan meraih predikat baik dan layak berstandar nasional.

Koordinator KARS nasional DR dr Tubagus De Abeng didampingi Rosmiati AMK SPd menjelaskan, survei simulasi akreditasi ini merupakan rangkaian proses akreditasi bagi satu rumah sakit. Akreditasi rumah sakit ini bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap pelayanan rumah sakit berdasarkan standar nasional.

Survei simulasi untuk satu rumah sakit dilakukan oleh tim surveyor yang ditunjuk oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Kars merupakan satu badan independen yang dibentuk pemerintah, untuk melakukan standarisasi rumah sakit di Indonesia. Justru itu, tim surveyor KARS nasional melakukan penilaian terhadap seluruh elemen pelayanan, pada RSUD Kabupaten Bintan.

”Sudah kami lakukan penilaian. Layanan RSUD Bintan sudah layak berstandar nasional,” ujar DR dr Tubagus De Abeng, baru-baru ini.

Direktur RSUD Bintan dr Benni Antomy MKed (An) SpAn menyampaikan, dari hasil survei simulasi akreditasi dari tim KARS nasional selama dua hari tersebut, RSUD Bintan mendapat nilai yang sangat positif. Tim surveyor menyatakan, bahwa RSUD Kabupaten Bintan sudah layak untuk berstandarisasi secara nasional.

”Kita perlu beberapa pembenahan, sehingga standar pelayanan bisa menjadi ke taraf sempurna. Dari penjelasan tim surveyor KARS nasional, bahwa RSUD Bintan sudah layak untuk naik kelas ke tipe C,” sebut Benni di sela pelantikan Sekda definitif Bintan, Selasa (10/10) kemarin.

Menurut Benni Antomi, RSUD Bintan akan melakukan survei final pada November 2017 mendatang. Pihak RSUD Bintan terus berbenah diri secara komprehensif, agar proses standarisasi nasional tersebut dapat berjalan optimal.

”Upaya ini kami lakukan sesuai dengan instruksi Pak Bupati Bintan H Apri Sujadi, untuk melakukan peningkatan mutu terhadap pelayanan kesehatan masyarakat,” tambah Benni Antomi.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menambahkan, Pemkab Bintan terus melakukan inovasi baru, dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di RSUD Bintan.

”RSUD kita sudah mendapat predikat baik, dari hasil survei KARS. Bahkan, pelayanan RSUD Bintan menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Kepri, baru-baru ini. Kalau ada kekurangan, itu yang kita tutupi atau kita benahi,” kata H Apri Sujadi, usai melantik pejabat Sekda definitif, dan launching e-Puskesmas, kemarin. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here