Layangan 7 Negara Hiasi Langit Natuna

0
244
BERBAGAI jenis layangan menghiasi langit Natuna pada Festival layang-layang internasional yang diikuti 7 negara di Hanggar Barat, Lanud Raden Sadjad, Minggu (29/7). f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Festival layang-layang internasional yang diikuti 7 negara di Hanggar Barat, Lanud Raden Sadjad, Minggu (29/7) berlangsung meriah.

Rangkaian acara memperingati Hari Jadi Kota Ranai ke-147 itu diharapkan mampu menjadi ajang bergengsi tahunan tingkat internasional di Natuna.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti pada kesempatan itu mengatakan, melalui festival layang-layang tingkat internasional diharapkan mampu mendongkrak sektor pariwisata di Natuna. ”Dengan kehadiran para peserta dari tujuh negara ini, akan turut membantu mempromosikan Natuna di mata dunia,” kata Wabup Ngesti.

Dengan pengamanan dari Lanud Raden Sadjad, acara festival berjalan lancar. Berbagai jenis dan ukuran layang-layang terbang tinggi dan menghiasi udara Lanud Raden Sadjad.

Bahkan Sekda Natuna Wan Siwandi bersama keluarga juga turut ambil bagian menerbangkan layang-layang. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna, Erson Gempa Afriandi juga terlihat antusias menyaksikan kepiawaian para peserta.

”Sangat luar biasa, para peserta sudah terbiasa bermain layang-layang. Gak tanggung-tanggung, yang diterbangkan adalah layang-layang berukuran besar,” timpal Erson.

Pada ivent ini, kata Erson, melibatkan tujuh negara diantaranya, Jerman, Singapura, Malaysia, Perancis, Swiss, Belanda dan Australia. ”Berbagai ukuran mulai dari terkecil hingga terpanjang ada semua di acara Festival ini,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Rohayatin warga Bunguran Tengah menuturkan, kehadiran peserta festival layang-layang dari mancanegara memberi warna baru pada ivent tersebut.

”Di Natuna jarang sekali kita melihat orang bule. Lihat saja, warga bukan asik lihat layang-layang, tapi asik berfoto bersama para turis. Bahkan mereka sangat ramah,” tutur Rohayatin.

Ia berharap, festival layang-layang dapat diselenggarakan setiap tahunnya. Jika perlu, peserta yang ikut jauh lebih banyak dari sebelumnya. ”Kalau setiap tahun ada acara seperti ini, saya yakin Natuna akan ramai dikunjungi wisatawan. Sudah lama sekali kita sebagai warga perbatasan menyaksikan acara akbar seperti sekarang ini,” tutupnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here