Lebaran Kurban, Harga Daging Malah Naik

0
193
SYAHRIL sedang memotong daging sapi segar di Pasar Baru Tanjungpinang. Harga daging sapi segar yang dijualnya bakal naik di H-1 hari Raya Idul Adha. f-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pedagang akan menaikkan harga daging sapi segar, sehari menjelang lebaran kurban Idul Fitri, mendatang. Harga daging sapi segar bakal mencapai Rp 145 ribu sampai dengan Rp 150 ribu per kilogram, diberlakukan sehari sebelum lebaran Idul Adha.

”Insya Allah, sebelum hari Raya Idul Adha harga daging sapi segar sudah naik kisaran Rp 5 ribu sampai dengan Rp 10 ribu per kilogram,” kata Syahril, seorang penjual daging sapi segar di Pasar Baru Tanjungpinang, Kamis (26/7) kemarin.

Kenaikan harga daging sapi segar, hanya untuk menutupi kerugian yang bakal dialaminya nanti. Pasalnya, masyarakat bakal tidak banyak yang membeli jeroan sapi. Seperti usus, hati, tulang, babat, paru, limpa hingga tetelan (sisa daging yang melekat pada tulang) sapi. Namun, ia tidak mengungkapkan berapa besar kerugian pedagang, pada saat kondisi lebaran itu.

”Orang pasti hanya beli dagingnya saja. Kalau jeroan sapi, tidak ada yang beli,” ucap dia.

Menjelang hari raya Idul Adha, ia akan menyembelih dua ekor sapi. Sesuai permintaan daging sapi segar, di pasar. Karena, saat Idul Adha, banyak warga yang sudah mendapat daging hewan kurban. ”Kita lihat saja nanti. Jadi naik atau tidak harga daging sapi. Kalau saat ini, harga daging sapi kita masih Rp 140 ribu per kilogram,” sebut dia.

Sila, seorang warga di daerah Jalan Soekarno-Hatta, Tanjungpinang berharap, penjual daging sapi segar untuk tidak menaikkan harga saat menyambut hari Raya Idul Adha nanti. ”Baru rencana mau beli daging sapi segar, malah dengar kabar akan naik harga,” ucap Sila.

Ia berharap, harga daging ayam potong dan daging beku jangan naik. Pasalnya, ayam dan daging merupakan kebutuhan masyarakat di saat lebaran. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here