Lebih Banyak yang Tidak Tertampung

0
290
ORANGTUA siswa mendaftarkan anaknya di SMPN 16 Tanjungpinang Timur wilayah Ganet, kemarin. F-martunas/tanjungpinang pos

Pendaftar Sekolah Negeri Membeludak

Jumlah siswa yang mendaftar ke sekolah negeri di Kota Tanjungpinang membeludak. Sehingga lebih banyak yang tidak tertampung dari pada yang tertampung.

TANJUNGPINANG – SEPERTI di SMPN 16 Kecamatan Tanjungpinang Timur, Ganet. Jumlah siswa yang mendaftar hingga pendaftaran hari terakhir, Rabu (4/7) kemarin mencapai 380-an orang.

Sementara kuota yang diberikan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang ke sekolah hanya bisa menerima 128 siswa baru untuk 4 rombongan belajar (rombel) atau 4 lokal saja dan satu lokal 32 siswa.

Di Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), untuk SMP jumlah siswa maksimal 32 orang. Kepala SMPN 16 Ganet, Yulidarnis mengatakan, hari pertama pendaftaran sudah ada 350-an yang mengambil formulir dan yang mengembalikan formulir sekitar 250-an. ”Sampai hari ini, sudah 380-an yang mendaftar. Hari pertama saja jumlah siswa yang mendaftar sudah melebihi kuota kita. Tentu akan kita lakukan seleksi nanti,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (4/7) kemarin.

Seleksi yang dilakukan adalah mengutamakan siswa yang tempat tinggalnya dekat sekolah dan berada di Kelurahan Pinang Kencana, sesuai zonasi sekolah itu. Jika daya tampung masih mencukupi, barulah diterima siswa dari Kelurahan Air Raja dan Kelurahan Batu XI yang juga masih Zona D Kecamatan Tanjungpinang Timur. ”Sampai saat ini, untuk siswa yang tinggal di Kelurahan Pinang Kencana saja tidak tertampung lagi. Seleksinya nanti berdasarkan nilai lah,” tambahnya.

Di SMPN 12, Kelurahan Air Raja, masih butuh siswa baru karena jumlah pendaftarnya tidak membeludak. Sehingga, siswa yang tak tertampung di SMPN 16 Ganet bisa mendaftar ke sekolah itu.

Saat ditanya apakah Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang sudah memberi sinyal kepada pihak SMPN 16 untuk menambah rombel, Yulidarnis mengatakan, sampai kemarin belum ada arahan seperti itu.

Sementara itu di SDN 017 Perumahan Alam Tirta Lestari (ATL) Ganet, jumlah siswa yang mendaftar hingga kemarin mencapai 108 orang. Kuota sementara yang diberikan Disdik Kota Tanjungpinang kepada mereka hanya dua rombel atau sekitar 60 orang.

Kepala SDN 017 Tanjungpinang Timur, Ngatijo mengatakan, sebagai sekolah baru dan menerima murid angkatan I, pihaknya tidak bisa menerima siswa terlalu banyak. Apalagi, untuk sementara ini, mereka menumpang sekolah di SDN 015 (dekat Terminal Sei Carang Batu X). Ia mengatakan, maksimal mereka bisa menerima tiga rombel atau 90-an siswa.

Dijelaskannya, jumlah pendaftar bertambah limpahan dari SDN 013 Tanjungpinang Timur yang tidak tertampung di sana. Masih berkemungkinan bertambah setelah pengumuman 7 Juli nanti.

Yang jadi masalah nanti adalah guru. Sampai saat ini dirinya belum bisa memperoleh guru PNS untuk mengajar di sekolah itu. Persoalannya, apabila guru PNS mengajar di sana, sertifikasinya terancam tidak jalan. Persoalan kedua, apabila mereka mencari guru, maka anggarannya tidak ada untuk membayar karena belum ada dana BOS.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here