Lengkapi Izin, Silakan Terima Wisatawan

0
618
PULAU BAWAH: Pemandangan alam di Pulau Bawah Anambas sangat indah dan salah satu lokasi wisata baru di Kepri. f-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – RESOR Pulau Bawah yang berada di Kecamatan Siantan Selatan Kabupaten Anambas dilarang menerima wisatawan karena sejumlah persyaratan perizinan belum dilengkapi oleh pihak manejemen mereka.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas, sudah menyurati kepada pihak menajemen untuk tidak beroperasi sebelum melengkapi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan.

Kepala Bidang (Kabid) Administrasi perizinan di dinas PTSP Kabupaten Kepulauan Anambas Galuh mengatakan, PT Pulau Bawah berjanji untuk melengkapi seluruh perizinan. ”Masih banyak persyaratan perizinan yang harus dipenuhi oleh PT Pulau Bawah, dan mereka dilarang menerima wisatawan atau tamu hotel untuk saat ini,” ungkap Galuh, Kamis (1/6).

Menurutnya, pihak manejemen Pulau Bawah mesti mengajukan perubahan (Adendum) tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sebab, izin yang diberikann sebelumnya tidak mencakup secara keseluruhan bangunan yang akan dibangun oleh pihak PT Pulau Bawah. Untuk itu, pihaknya berharap kepada pihak perusahaan PT Pulau Bawah agar segera melengkapi dokumen yang telah ditentukan.

Galuh menambahkan, ia meminta SIUP tentang peredaran minuman beralkohol perlu diurus, hal itu berguna untuk memenuhi persyaratan dan ingin memperoleh TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata).

”Dengan adanya perubahan adendum IMB, diakibatkan pihak perusahaan melakukan perluasan lokasi bangunan dan mereka memiliki hak untuk melakukan itu. Namun, mereka harus memenuhi persyaratan dan peraturan yang berlaku pula,” jelasnya.

Pada prinsipnya, Pemkab Anambas sudah meningatkan bahkan telah menyurati pihak perusahaan untuk melengkapi segala dokumen yang dibutuhkan.

Setelah dilakukan pengecekan di lapangan, PT Pulau Bawah melakukan perluasan tetapi tidak melebihi 30 persen dari luas lahan. ”Kami juga sudah menyarankan Pulau Bawah agar turut terhadap Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia,” tegasnya.

PT Pulau Bawah telah mendapatkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) selama 30 tahun untuk membangun fasilitas resor di 4 pulau tersebut sesuai perizinan yang akan dikeluarkan natinya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here