Lestarikan Tradisi Lomba Sampan Layar

0
835
LOMBA: Masyarakat Desa Kuala Raya saat mengikuti lomba sampan layar, belum lama ini. F-ISTIMEWA

LINGGA – Puluhan sampan layar penuhi pesisir pantai Desa Kuala Raya, Kecamatan Singkep Barat. Berkumpulnya puluhan sampan ini, untuk mengikuti lamba sampan layar yang telah menjadi tradisi tahunan desa setempat usai merayakan Hari Raya Idul Adha.

”Meski dengan keterbatasan, kami tetap mempertahankan tradisi lomba sampan layar ini. Selain sebagai ajang hiburan bagi warga kegiatan ini juga sebagai upaya mempromosikan potensi wisata di Kuala Raya,” kata Irwan usai kegiatan, Ketua Komunitas Peduli Sampan Layar (KPSL) Desa Kuala Raya, kemarin.

Irwan menjelaskan, beberapa tahun lalu kegiatan lomba sampan layar di Desa Kuala Raya menjadi event tahunan Pemkab Lingga. Sejak defisit anggaran terjadi, tradisi ini tidak lagi dilakukan Pemkab Lingga. ”Saat ini kami hanya bisa berharap, Pemkab Lingga dapat mengagendakan kembali lomba sampan layar ini,” ucap Irwan.

Ia menyampaikan, pada masa lalu sampan layar adalah transportasi warga di Kuala Raya dan pesisir Kabupaten Lingga untuk beraktivitas mencari ikan. Untuk mengurangi kejenuhan, sesekali warga berlomba untuk mencari hiburan. Sehingga, kegiatan tersebut menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat untuk setiap tahunnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here