Libur Nasional, Layanan Kesehatan Tetap Masuk

0
488
Arif Fadilah

Tanjungpinang – HARI ini, Rabu (15/2), pegawai pemerintah dan sekolah libur nasional. Demikian dengan pegawai Pemprov Kepri juga libur. Hanya saja, untuk pegawai yang bekerja di bidang pelayanan umum tetap diatur liburnya agar pelayanan masyarakat tetap berjalan seperti biasa.

Pesan ini disampaikan secara lisan Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah kepada wartawan di Gedung DPRD Kepri di Dompak, Selasa (13/2) lalu.

Namun, Arif juga sudah menyampaikan surat edaran No.0034/0181/Set yang dikeluarkan tanggal 13 Februari ditujukan kepada semua pegawai.

”Dengan libur ini, instansi yang menangani pelayanan pada masyarakat umum untuk tetap masuk. Kepada kepala instansinya untuk mengatur jadwal kerja pegawainya. Disesuaikan lah liburnya siapa. Sehingga pelayanan tetap jalan seperti biasa. Hal ini juga berlaku bagi pelayanan umum di kabupaten/kota,” jelasnya.

Ada pun surat edaran yang disampaikan kepada masing-masing SKPD ada tiga catatan penting yakni, partama, pada hari Rabu tanggal 15 Februari ditetapkan sebagai hari libur nasional, sehingga seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Kepri tidak masuk kerja pada hari tersebut.

Kedua, bagi instansi pemerintah yang bertugas memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat luas, pimpinan unit kerja yang bersangkutan agar mengatur penugasan pegawai selama libur nasional berlangsung.

Sehingga pemberian pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya.
Ketiga, diminta kepada kepala organisasi pimpinan daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri agar melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan hari libur tersebut.

Kepala OPD juga diminta melakukan pembinaan terhadap pegawai di instansi masing-masing, yang melanggar disiplin.

”Jadi, biar pun libur, bagi yang melanggar aturan terutama pegawai pelayanan publik akan dikenakan sanksi disiplin. Sebab itu menyangkut layanan publik,” katanya seraya meminta pegawai jangan memperpanjang libur.

Surat edaran ini dibuat berdasarkan, Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2017 sebagai Hari Libur Nasional.

Juga berdasarkan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No.B/9/M.KT.02 tahun 2017 yang dikeluarkan tanggal 10 Februari 2017 perihal, pelaksanaan Hari Libur.(Martunas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here