Libur, Warga Pilih Rekam KTP-el

0
72
warga antre untuk rekam KTP-el, Minggu (7/4). f-andri/tanjungpinang pos
Hari libur bisa dimanfaatkan warga untuk melakukan perekaman KTP-el di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Minggu (7/4). Meskipun libur pelayanan percepatan KTP-el Tanjungpinang tetap buka hingga 17 April mendatang.

TANJUNGPINANG – Sesuai data dari Disdukcapil Kota Tanjungpinang masih ada sekitar 400 warga Tanjungpinang belum melakukan rekam KTP-el. Mereka yang belum rekam KTP-el masyoritas pelajar, dimana tanggal 17 April nanti genap 17 tahun, mereka sudah memilik hak memilih untuk di pileg dan pilpres.

Sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) agar seluruh kepala daerah untuk mempercepat perekaman data KTP-el. Bahkan, perekaman data harus tetap berlangsung, meski akhir pekan atau hari libur nasional.

Perintah ini merupakan tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (28/3) lalu. Putusan ini terkait penggunaan KTP-el dan surat keterangan (suket) pengganti KTP-el sebagai syarat wajib bagi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti.

Pantauan Tanjungpinang Pos di kantor Disdukcapil kemarin, terlihat beberapa masyarakat yang sedang duduk di ruang pelayanan Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Mereka menunggu nama mereka dipanggil oleh petugas Disdukcapil Kota Tanjungpinang untuk melakukan perekaman KTP-el di ruang perekaman.

Hari libur, Sabtu (6/4), Disdukcapil Kota Tanjungpinang telah cetak sebanyak 150 KTP-el milik masyarakat Kota Tanjungpinang. Petugas Disdukcapil Kota Tanjungpinang yang cetak KTP-el, dikarenakan masyarakat yang mengubah status mereka, misalnya dari belum nikah menjadi nikah.

Ada juga masyarakat yang mengubah alamat dari tempat tinggal asal ke tempat tinggal sekarang alias pindah alamat, KTP rusak sampai dengan masyarakat yang baru memiliki KTP-el.

Hal ini disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (7/4).

Selain cetak, ada juga masyarakat yang datang ke Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang berada di Jalan Kijang Lama, Km 7 Tanjungpinang, untuk melakukan perekaman KTP-el. Rata-rata petugas Disdukcapil Kota Tanjungpinang merekam data kependudukan masyarakat yang baru ingin memiliki KTP-el. Salah satunya kalangan pelajar.

”Ada sekitar 23 orang yang merekam KTP-el,” ucap dia.

Pelayanan administrasi kependudukan yang diterapkan Disdukcapil Kota Tanjungpinang pada hari libur, akan berlangsung sampai hari ”H” Pemilihan Umun (Pemilu) serentak 2019. Artinya, Disdukcapil tetap membuka jam pelayanan adminiatrasi kependudukan dihari pencoblosan pada 17 April 2019 nanti.

Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tanjungpinang ini, masyarakat untuk memanfaatkan hingga meluangkan waktu di hari libur, yakni Sabtu dan Minggu serta libur nasional untuk melakukan perekaman KTP-el bagi yang belum. Jadi, tidak ada lagi masyarakat yang belum memiliki KTP-el dikarenakan belum merekam. ”Ayo, kita rekam KTP-el dari sekarang,” sebut dia. (ANDRI-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here