Life Jacket Cuma Pajangan

0
736
DIPAJANG : Penumpang boat Pelantar II tujuan Kampung Bugis tidak mengenakan life jacket. Padahal, pihak BI Kepri sudah menyediakan life jacket di boat itu. Padahal, jaket pelampung itu sangat penting untuk keselamatan. F-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Masyarakat serta buruh angkutan pompong Kampung Bugis tujuan Tanjungpinang-Kampung Bugis sampai hari ini masih tidak memakai life jacket saat menyeberang.

Meski life jacket disediakan tekong, namun penumpang tidak mengenakannya. Hal ini juga karena pengawasannya kurang.

Hal ini berbeda dengan pengunjung yang ingin berkunjung ke Pulau Penyengat, dimana setiap pengunjung masih mematuhi aturan yakni menggunakan life jacket.

Jika tidak, maka petugas TNI AD dan Dishub Pemko Tanjungpinang yang berjaga akan memberikan teguran.

Pantauan Tanjungpinang Pos, penumpang yang menggunakan pompong nelayan tujuan Tanjungpinang-Kampung Bugis masih membandel.

Penumpang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tampak tidak mengenakan life jacket. Padahal Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah sangat mewanti-wanti masyarakatnya, agar mentaati aturan yang sudah dibuat.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Kota Tanjungpinang, Safril Sembiring mengatakan, ketidakpatuhan masyarakat seperti ini adalah karena kurang adanya ketegasan sanksi yang diberikan secara menyeluruh.

Dilihat dari sisi wisata, Safril menambahkan, apabila aturannya pemilik pompong angkutan orang yang menggunakan angkutan laut, untuk perjalanan wisata ataupun angkutan umum biasa.

Aturan ini berlaku menyeluruh, artinya, jika memang kewajiban untuk pengunjung Pulau Penyengat mengenakan life jacket, maka tidak ada pengecualian, masyarakat atau pelaku usaha pompong rakyat di Kampung Bugis harus mematuhi hal itu.

”Intinya, kalau mau menegakkan aturan harus berlaku menyeluruh. Karena musibah itu terjadi tanpa lihat kapan dan siapa objeknya,” terang Safril.

Masyarakat seakan belum jera dengan kejadian karamnya pompong Penyengat tahun lalu dimana 15 orang penumpangnya tewas.

Sejak kejadian itu, Bank Indonesia (BI) perwakilan Kepri menyerahkan ratusan pisis life jacket kepada pemilik boat, pancung di Tanjungpinang. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here