Liga 3 2020, Tergantung Rapat PSSI

0
157
SKUAT 757 Kepri Jaya FC berjibaku dengan pemain PS Batam, pada laga final Liga 3 2019 putaran Provinsi Kepri.
Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kepri berharap kompetisi Liga 3 digulir pada tahun 2020 ini. Agar ada tim amatir dari Provinsi Kepri promosi ke Liga 2 pada musim depan. Tapi, masih menunggu hasil rapat PSSI.

TANJUNGPINANG – KOMPETISI Liga Jerman (Bundesliga) sudah digelar 3 kali pertandingan, setelah kembali dilanjutkan akibat dihentikan selama masa pandemi Covid-19. Juni ini, LaLiga Spanyol pun menyusul. Kemudian, Premier League Inggris bakal dilanjutkan. Meski dalam pertandingan ini tanpa penonton dan mengikuti beberapa protokol kesehatan.

Di Indonesia, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 terpaksa dihentikan akibat pandemi Covid-19. Sementara, Liga 3 yang dijadwal pertengahan sampai akhir tahun, belum digulir. Namun, kompetisi Liga 3 2020 pun terancam bakal ditiadakan.

”Semua kompetisi Liga di Indonesia ini, tergantung hasil rapat PSSI, Jumat (29/5) lusa,” kata Maifrizon, Wakil Ketua Asprov PSSI Kepri, kemarin.

Baca Juga :  KCL FC Nyaris Tumbang Hadapi Jaya Raya

Maifrizon menerangkan, rapat PSSI tanggal 29 Mei ini, akan membahas kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2, yang dihentikan sejak 2 bulan lalu. Jika kondisi wabah virus korona reda, bisa saja kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dilanjutkan kembali. Sebaliknya, jika kondisi tidak memungkinkan, bisa saja kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 ditiadakan.

”Kalau Liga 1 dan Liga 2 dilanjutkan, kompetisi Liga 3 tentu akan dilanjutkan pula. Kalau Liga 1 dan Liga 2 dihentikan atau ditiadakan, tentunya Liga 3 juga akan ditiadakan,” ujar Maifrizon.

Karena, lanjut Maifrizon, jika Liga 1 dan Liga 2 dilanjutkan, tentu bakal ada tim yang didegradasi dan promosi untuk musim depan. 3 tim dari Liga 1 terdegradasi, dan 6 tim dari Liga 2 juga terdegradasi. Otomatis, 3 tim Liga 2 akan promosi ke Liga 1. Sedangkan 6 tim dari Liga 3 akan promosi ke Liga 2.

Baca Juga :  Timnas U-23 Gagal Balas Dendam

”Ini akan terjadi jika kompetisi Liga 1 dan Liga 2 itu, dilanjutkan. Kalau kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ditiadakan atau dihentikan, tentu tidak ada tim yang terdegradasi maupun yang promosi, otomatis Liga 3 tidak dilaksanakan,” jelas Maifrizon.

”Saya rasa seperti itu, kalau kita mengacu kepada regulasi dari PSSI. Justru itu, penyelenggaraan kompetisi Liga 3 2020, tergantung dari hasil rapat PSSI, Jumat (29/5) lusa,” sambungnya.

Maifrizon berharap, pandemi Covid-19 segera reda. Sehingga, kompetisi sepak bola di Indonesia kembali bergulir. Dari Asprov PSSI Kepri akan mempersiapkan kompetisi Liga 3 2020 putaran Provinsi Kepri. Dua tim amatir dari Kepri akan bertanding di tingkat regional. Jika lolos, melanjutkan di putaran nasional.

Baca Juga :  280 Atlet Karate Ikuti Kejuaraan Antarpelajar

”Kita inginkan Kepri memiliki tim yang bertanding di kasta profesional di Liga 2 pada musim mendatang. Tapi, semua ini tergantung dari situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, serta hasil rapat PSSI nanti,” demikian disampaikan Maifrizon.

Guna memutus rantai penyebaran Covid-19, Maifrizon berpesan agar semua warga tetap mengikuti anjuran pemerintah. Seperti physical distancing, menjaga jarak, selalu cuci tangan dan mengenakan masker, serta menghindari kerumunan. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here