Lima ABK Dinyatakan Hilang di Laut

0
638
CARI KORBAN: Tim SAR saat lakukan pencarian korban tabrakan kapal tanker. f-istimewa

Kapal Indonesia dan Dominika Tabrakan

Tabrakan kapal kembali terjadi di wilayah Selat Singapura. Kali ini antara Kapal MV Kartika Segara berbendera Indonesia dengan kapal JBB DE Rong 19 berbendera Republik Dominika di Selat Singapura, Rabu (13/9) sekira pukul 00.45.

TANJUNGPINANG – Peristiwa ini mengkibatkan lima orang kru kapal JBB De Rong hilang. Dari informasi yang diperoleh, Kapal MV Kartika Segara berjenis kapal tanker dan kapal JBB DE Rong berjenis kapal keruk. Untuk membantu melakukan pencarian, Badan SAR Nasional (Basarnas) Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menerjunkan KN SAR Purworejo.

Kepala Kantor Basarnas Tanjungpinang Djunaidi membenarkan, kejadian tabrakan kapal MV Kartika Segara dengan JBB DE Rong 19 pada posisi 01 11,11N 103 49,87E 12 pob, diketahui 7 orang selamat. ”Dua orang korban sudah berhasil ditemukan di dalam kapal JBB De Rong 19 sekitar pukul 13.04, saat ini dievakuasi ke kantor police Costguard,” katanya.

Kelima ABK yang hilang, empat orang berkewarganegaraan Cina dan satu berkewarganegaraan Malaysia. Sebelumnya sebanyak 12 ABK sempat dinyatakan hilang, namun tujuh orang diantaranya berhasil ditemukan. Djunaidi menyampaikan, tim SAR Indonesia bersama tim SAR Singapura terus melakukan pencarian di sekitar lokasi perairan Pulau Senang, Singapura.

Untuk sekarang posisi kapal MV Kartika Segara telah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Timur Singapura. Sedangkan kapal JBB Rong 19 saat ini hampir tenggelam di sekitar posisi perairan Pulau Senang. ”Kita masih terus membantu melakukan pencarian menyisiri sekitar lokasi kejadian,” tuturnya.

Djunaidi menyebutkan, mendapatkan informasi pada saat kapal JBB De Rong 19 diketahui sudah terlihat tampak mau tenggelam pada posisi perairan Pulau Senang Singapura. Sedangkan untuk posisi kapal MV Kartika Segara telah dievakuasi ke pelabuhan Eastern Anchord Singapora. ”Jenis kapal Kartika Segara diketahui jenis kapal tanker dan saat ini sudah dievakuasi di Singapura,” sebutnya.

Sementara itu yang terlibat dalam pencarian ini antara lain KRI Surik, KRI Parang dan KRI Parangsang. Selain itu dari kru BNPP Tanjungpinang menurunkan personel dari Tanjungpinang bersama KN Purworejo dan satu kapal RIB telah bergerak ke lokasi pencarian. ”Kita sendiri langsung bergerak untuk mencari pada pagi hari ini,” pungkasnya.

Pencarian dari pihak Singapura menurunkan satu helikopter Rescue 10 Singapore, MPA 3, MPA 4, MPA 8, PSG Craft Coast Guard, PT65, PT53, PH53 SDDF Craft, Navi Craft, RSAF Air craft , 4 tugboat, dan 1 tugboat diving.

Saat ini tim SAR Singapura dan Indonesia sedang melakukan pencarian terhadap korban tabrakan kapal. Kapal MV Kartika Segara telah dievakuasi ke Pelabuhan Timur Singapura. Sedangkan kapal JBB Rong 19 saat ini hampir tenggelam di sekitar posisi perairan Pulau Senang.

”Sementara kami melakukan bantuan pencarian tiga ABK kapal JBB DE Rong 19 yang masih hilang. Nanti klau ada perkembangan, kami akan laporkan lagi,” ujarnya.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here