Lima Desa Ditetapkan Berstatus Sangat Tertinggal

0
883
INDAH: Suasana Kampung Sebuton yang indah dan layak jadi destinasi Wisata. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDT2) mengeluarkan Surat Keputusan (SK), yang menetapkan lima desa sangat tertinggal dan 56 desa tertinggal serta 9 desa berkembang dari 70 desa yang ada di Natuna.

NATUNA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pemerintah Kabupaten Natuna yakni Indra Joni menuturkan, berdasarkan SK itu tentunya menjadi perhatian dalam rencana membangun kawasan pinggiran kota yang menjadi pekerjaan pemerintah.

SK tersebut, semuanya itu sesuai Data Indeks Desa Membangun (IDM) 2017. ”Berdasarkan SK dari kementerian Desa Tertinggal pada Maret 2017 lalu tercatat, ada 5 desa sangat tertinggal, dan 56 desa tertinggal serta baru 9 desa berkembang,” kata Indra Joni, Minggu (7/1).

Ia merincikan, untuk 5 desa yang dikategorikan sangat tertinggal diantaranya Desa Pian Tengah, Desa Teluk Buton, Desa Pengadah, Desa Sebadai Hulu, dan Desa Pulau Kerdau.

Ia mengungkapkan, untuk penilaian itu kategori sangat tertinggal didasari beberapa faktor seperti akses jalan, akses kesehatan, akses ke sanitasi, akses listrik, akses informasi dan komunikasi.

”Dari penilaian itu, maka ditetapkan 5 desa sangat tertinggal, 56 desa tertinggal dan 9 desa berkembang. Jadi sampai saat ini, belum ada desa di Kabupaten Natuna yang masuk kategori maju dan mandiri,” jelas Indra Joni.

Joni menambahkan, saat ini upaya pemerintah daerah untuk menaikkan status kemajuan dan kemandirian desa sangat tertinggal masih terus dilakukan.

Upaya itu dimulai dari merencanakan, membangun infrastruktur di desa dengan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) serta kemampuan keuangan daerah.

”Pada pembinaan desa, kita ingin semuanya bisa saling bersinergi dan bekerjasama dengan masyarakat serta OPD terkait. Tujuannya, untuk bersinergi dalam membangun desa,” terangnya.

Ia juga berharap, dengan usualan data terkini ke Kementerian Desa 5 desa yang dikategorikan sangat tertinggal tersebut bisa naik status. Selain itu, desa tertinggal menjadi desa berkembang dan mandiri.

”Kita didinas hanya memfasilitasi dan mengarahkan dalam program ketertinggalan desa, menjadi lebih berkembang dan berharap seperti sarana desa dapat dilengkapi dan statusnya akan berubah,” katanya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here