Lima Kades Ikut Pileg 2019

0
350
MASYARAKAT saat menentukan suara pemilihan kepala desa (Kades) tahun lalu. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Saat ini, terdapat lima jabatan kepala desa di tiga kecamatan yang masih kosong. Lima kepala desa tersebut murni mengundurkan diri sebagai kepala desa, dengan alasan mengikuti pertarungan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 dengan menjadi Calon Legislatif (Caleg) untuk masa jabatan di tahun 2019-2024.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSP3APMD) Kabupaten Kepulauan Anambas Ody Karyadi mengakui, masa jabatan 5 kepala desa tersebut sudah dipenghujung.

”Lima kepala desa dan 3 Badan Permusyaratan Desa (BPD) mengundurkan diri, dengan alasan mendaftar sebagai Calon Legislatif (Caleg). Rata-rata masa jabatan kepala desa ini sudah habis pada Oktober 2018 mendatang,” ujar Ody, Selasa (14/8).

Ody mengakui, meski terhitung hanya 3 bulan menuju Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak namun lima jabatan Kepala Desa yang lowong tersebut akan diisi oleh Pejabat Sementara (Pj) yang ditunjuk oleh Camat dan harus berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

”Mekanismenya paling lama 30 hari sudah ada Pj, yang diusulkan oleh Camat dan Surat Keputusan (SK) akan ditandatangani oleh Pak Bupati. Lima kepala desa yang mendaftar Bacaleg terhitung berhenti sejak Juli 2018 dan SK Pemberhentian juga sudah selesai,” terangnya.

Ody menyinggung, Oktober 2018 ditargetkan sudah masuk tahapan Pilkades Serentak dan mulai pemilihan panitia Pilkades di setiap desa. Sementara, pendaftaran Calon Kepala Desa (Cakades) hingga Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

”Rencananya Pilkades Serentak dilaksanakan 30 Oktober untuk 22 desa. Jumlah ini sudah termasuk dari Desa Telaga dan Desa Lingai Kecamatan Siantan Selatan yang gagal menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2017 lalu. Untuk anggaran Pilkades serentak sudah kita sediakan Rp20 juta untuk masing-masing desa,” jelasnya.

Lima Kepala Desa yang mengundurkan diri yakni Desa Nyamuk bernama Zurman di Kecamatan Siantan Timur, Desa Tarempa selatan di Kecamatan Siantan bernama Sutisna, Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan yakni Mashita, Desa Ladan di Kecamatan Palmatak dengan nama Abdul Hayan, Desa Air Sena Kecamatan Siantan Tengah bernama Selamet. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here