Lima Kapal Perang Dikirim ke Natuna

0
2347
INILAH salah satu KRI yang diturunkan saat latihan perang di Laut Natuna Utara, pekan lalu. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Untuk memantapkan kesiapan menjaga perbatasan Indonesia, Komando Armada RI TNI-AL Kawasan Barat (Koarmabar) menggelar latihan tempur laut di perairan Laut Natuna Utara selama empat hari dari 27 Maret hingga 30 Maret 2018 lalu.

Latihan tempur ini melibatkan lima kapal perang Koarmabar, yaitu KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355, KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Lemadang-632, KRI Clurit-641 dan KRI Alamang-644. Dari unsur udara, terlihat satu pesawat patroli udara Maritim Cassa P-852 mengelilingi perairan kabupaten kepulauan perbatasan di tengah negara Asean itu.

Baca Juga :  566 Kelompok Desa Terbentuk

Pada latihan tersebut melibatkan pangkalan TNI yang berada di Kepri diantaranya Lantamal IV Tanjungpinang, Lanal Batam, Lanal Ranai dan Tarempa. Kegiatan latihan tempur itu merupakan gebrakan pertama Laksamana Muda TNI Yudo Margono dalam mengawali tugas sebagai Panglima Koarmabar.

”Tujuan kita laksanakan latihan tempur laut, ingin mengetahui sejauh mana kesiapan unsur-unsur Koarmabar dalam menghadapi kontijensi yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah kerja Koarmabar,” kata Pangarmabar di lansir dari Instagram TNI Angkatan Laut, kemarin.

Selain itu, Pangarmabar mencoba uji komando dan pengendalian (kodal). Ini merupakan unsur-unsur dalam pelaksanaan operasi, serta uji kemampuan dan kesiapan pangkalan. ”Semua itu demi mendukung operasional KRI di daerah operasi,” pungkasnya.

Baca Juga :  Program INSANI Subsidi Untuk Sekolah Swasta Disambut Baik Masyarakat

Sementara arti kontijensi, adalah suatu rencana yang dirancang dalam keadaan tidak tetap dengan jalan, atau alur disepakati, teknik, manajemen dan berbagai pelaksanaan telah ditetapkan secara bersama dengan berbagai penanggulangannya.

Sementara Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E mengatakan bahwa latihan tersebut dalam rangka memperkuat pengamanan. Pihaknya juga mempersiapkan Posal Pulau Laut akan segera dihadirkan Sea Rider. ”Untuk Sea Rider mungkin dalam waktu dekat akan ditempatkan di Posal Pulau Laut dengan pengadaan baru,” ujar Danlanal Ranai. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here