Lima Kecamatan jadi Gerbangdutas Nasional

0
685
TINJAU PELANTAR: Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wabup H Dalmasri Syam meninjau pelabuhan rakyat (pelantar), di daerah perbatasan Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Senin (30/10) kemarin. f-istimewa/kominfo bintan

Apri-Dalmasri Tinjau Rehab Pelabuhan Daerah Perbatasan

BINTAN – LIMA dari 10 kecamatan di Kabupaten Bintan telah ditetapkan sebagai wilayah Gerakan Pengembangan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2017 nasional. Pembangunan di lima kecamatan ini, pemerintah pusat mengalokasikan dana mencapai Rp 158,8 miliar.

Gerbangdutas merupakan program yang dicanangkan oleh Menko Polhukam RI Wiranto, saat berkunjung ke Natuna, Provinsi Kepri, Maret 2017 lalu. Program ini sebagai wujud dari pemerintah RI untuk membangun dari daerah pinggiran dan perbatasan.

”Kegiatan ini sudah berjalan. Tapi melalui dinas dan instansi vertikal terkait. Kalau dari pernyataan Pak Menteri Polhukam RI, anggaran untuk Bintan itu mencapai Rp 158,8 miliar. Teknisnya, Pak Sekda yang lebih tahu secara detail,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan, Senin (30/10) kemarin.

Sekda Bintan Adi Prihantara menyebutkan, Gerbangdutas merupakan pola atau fase baru pembangunan pemerintah pusat terhadap daerah, yang dilakukan dari daerah pinggiran atau perbatasan. Ibarat membangun rumah, selama ini pinggiran atau perbatasan itu menjadi bagian belakangnya, tapi yang dibangun bagian halaman. Setelah ada Gerbangdutas, pembangunan dilakukan dari belakang rumah.

Baca Juga :  Sebulan, 2 Ribuan Warga Berobat Gratis

”Justru itu, sekarang pembangunan dimulai dari daerah perbatasan atau pinggiran. Di Kabupaten Bintan, lima kecamatan yang dijadikan wilayah Gerbangdutas itu,” jelas Adi Prihantara, Senin (30/10) kemarin.

Lima kecamatan itu, sebut Adi Prihantara, antara lain Bintan Utara, Teluk Sebong, Gunung Kijang, Tambelan dan Bintan Pesisir. Di lima kecamatan ini, pemerintah pusat dan Pemkab Bintan telah memprioritaskan pembangunan dari semua sektor. Baik untuk pembangunan pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur.

”Seperti di Tambelan, kita sudah meningkatkan pembangunan Puskesmas, bagian dari bidang kesehatan. Begitu juga dengan pendidikan, kita perhatikan anak-anak di daerah kecamatan yang berhadapan langsung dengan perbatasan antarnegara itu,” kata Adi Prihantara.

Baca Juga :  Warga Desak Gubernur Buka Tambang Bauksit

”Kegiatan lain, bisa berupa pembangunan pelabuhan atau pelantar di daerah perbatasan,” sambungnya.

Mengenai anggaran, lanjut Adi Prihantara, alokasi dana untuk Gerbangdutas bukan dialokasikan dalam satu OPD maupun dari satu instansi vertikal. Tapi, dananya disediakan melalui masing-masing bidang.

”Contohnya, dana pembangunan fisik bisa dialokasikan oleh pemerintah pusat itu, melalui DAK pusat yang dianggarkan di APBD Bintan. Dana untuk Gerbangdutas ini, terbesar itu ada di Kabupaten Natuna, kalau untuk wilayah Kepri. Kegiatan Gerbangdutas ini sudah berjalan,” ujar Sekda Bintan.

Anggaran pengelolaan perbatasan negara pada tahun 2017, pemerintah pusat menyediakan dana mencapai Rp 17,8 triliun. Sedangkan alokasi untuk Provinsi Kepri sebesar Rp 1,6 triliun. Dari jumlah itu, Rp 470,6 miliar untuk Kabupaten Natuna, Rp 296,6 miliar untuk Kota Batam, Rp 158,8 miliar untuk Kabupetn Bintan, Rp 168,1 miliar untuk Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Rp 162,6 miliar untuk Kabupaten Karimun.

Baca Juga :  Lagi, Pantai Lagoi Dikotori Minyak Hitam

Tinjau Pelabuhan
Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam melakukan sidak pembangunan rehabilitasi pelantar Dakomas di Pulau Pucung, Desa Malang Rapat, Senin (30/10) kemarin. Sidak dilakukan karena pihak kontraktor belum melaksanakan pembangunan tiang pancang, di lokasi pengerjaan. Informasi dari warga, pembangunan terkendala mobilisasi bahan untuk pemasangan tiang dermaga.

Dari hasil sidak itu, Bupati dan Wabup Bintan menilai, rehabilitasi Dermaga Dakomas tidak berjalan sesuai harapan. Itu terjadi akibat keadaan cuaca yang buruk. Bupati dan Wabup akan segera memanggil kontraktor dan dinas terkait, agar pembangunan pelabuhan di daerah perbatasan itu selesai sesuai target.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here