Lima Mahasiswa akan Menimba Ilmu di Beijing

0
890
KERJA SAMA: Perwakilan PT Sun Resort Bintan menandatangani MoU terkait kerja sama dengan STTI Tanjungpinang yang telah disepakati. f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Sekolah Tinggi Teknik Informatika (STTI) Tanjungpinang telah menjalin komunikasi dengan Beijing University untuk melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) terkait pertukaran mahasiswa (exchange student).

Hal ini dikatakan Wakil Ketua 1 Bidang Akademik STTI Tanjungpinang, Ade Winarni. Ia menuturkan, pertukaran mahasiswa sudah pernah ada sebelumnya, hanya saja sempat vakum.

Pertukaran mahasiswa kembali terjalin sejak STTI Tanjungpinang menjalin kerja sama dengan PT Sun Resort Bintan.

”Melalui kerja sama dengan Sun Resort Bintan maka komunikasi dengan Beijing University terjalin kini,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (11/4) sembari menyebutkan sedang melaksanakan tahapan proses penyaringan mahasiswa yang akan mengikuti program tersebut.

Baca Juga :  Mahasiswa Simulasi Sidang PBB

STTI Tanjungpinang berencana akan mengutus sekitar lima orang sebagai perwakilan ke Beijing University.

Proses penyaringan, menurut Ade, mendapat respon yang cukup baik dari mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang sudah bertanya-tannya hingga mengajukan diri.

”Kami tetap lakukan proses penyaringan, sebab yang berangkat tidak banyak,” paparnya.

Informasi yang telah diterima, Beijing Universiry memberikan dua opsi bagi pelajar yang akan dikirim nantinya.

Kategori pertama adalah mahasiswa yang masih berstatus mahasiswa dan yang kedua yaitu alumni atau lulusan Stara Satu (S1) STTI Tanjungpinang. Untuk alumni persiapan melanjutkan pendidikan S2 di Beijing University.

Baca Juga :  Mahasiswa Harus Berkontribusi ke Daerah

Untuk mendapatkan ini ada beberapa kategori yang harus dipenuhi mahasiswa. Diantaranya mahasiswa mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik, mampu berbahasa Mandarin, dan tentunya memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang mumpuni, yakni berada di angkat 3 ke atas.

”Seleksinya mulai dari penguasaan bahasa asing Mandarin, Bahasa Inggris serta nilai akademisnya. Selain itu memiliki latar belakang tergabung dalam organinsasinya juga bagus,” ungkapnya.

Ade berharap, siapapun mahasiswa yang terpilih untuk melakukan pertukaran mahasiswa ke Beijing Univeriaty mampu membawa nama baik STTI Tanjungpinang. Selain itu, Ia juga mampu menginginkan kemampuan dalam bidang akademis hingga bertaraf internasional.

Baca Juga :  Stikes Belajar ke Thailand

”Ya mudah-mudahanan ini bukan hanya sekedar pertukaran pelajar saja, kita bisa sharing hal-hal lain mulai deri melakukan penelitiannya, pengabdiannya serta lainnya,” ucap tenaga pengajar di kampus yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso Kilometer 2,5 tersebut.

Terkait waktu keberangkatan, Ade menuturkan belum dipastikan. Sebab masih melakukan komunikasi atau koordinasi dengan PT Sun Resort.(M SHENDY)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here