Lima Negara Pamerkan Layang-Layang Unik

0
765
FESTIVAL : Salah satu peserta Festival Layang-Layang 2017 Bintan menerbangkan layang-layang menyerupai kuda di lokasi wisata gurun pasir, Desa Busung, SKL, Sabtu (21/10) lalu. f-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – SEBANYAK 207 layang-layang unik dipamerkan lima negara dan dua belas kabupaten/kota di Indonesia, saat bertanding di ajang Festival Layang-Layang Internasional Bintan, Sabtu (21/10) sampai dengan Minggu (22/10). Festival layang-layang ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam, Sabtu (21/10) lalu.

Lima negara yang berpartisipasi itu antara lain dari Swedia, India, Malaysia, Singapura dan Thailand. Sedangkan dua belas kabupaten/kota di Indonesia tersebut berasal dari pecinta dan komunitas layang-layang dari Jakarta, Surabaya, Jogyakarta, Banjarmasin, Pekanbaru, Batam, Tanjungpinang, serta Bintan sebagai tuan rumah.

Wabup Bintan Dalmasri Syam mengapresiasi atas penyelenggaraan Festival Layang-Layang 2017 Bintan ini. Agenda wisata tersebut dianggarkan Pemkab Bintan melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Bintan. Penyelenggaraan dilaksanakan atas kerja sama dengan komunitas layang-layang di Bintan.

”Kita memberikan apresiasi atas kegiatan ini. Event kebudayaan ini kita jadikan agenda tahunan. Diharapkan, peserta yang mengikuti festival layang-layang ini semakin bertambah, pada tahun depan,” ujar Dalmasri Syam, usai membuka secara resmi festival layang-layang ini, Sabtu (21/10) lalu.

Seorang peserta asal Surabaya, Adieb menuturkan, dirinya membawa banyak jenis layang-layang. Dua layang-layang naga, layang-layang rokaku dan layang-layang kaki seribu ekor panjang, dan beberapa jenis lainnya.

Rencananya, layang-layang tren naga akan dipertunjukkan pada saat pembukaan festival ini. Tapi, angin kurang kencang. Sehingga, layang-layang seharga Rp 10 juta dengan panjang sekitar seratus meter itu, tidak bisa diterbangkan.

Pelayang asal Malaysia Lim Kok Tiong menyebutkan, dirinya ke Bintan membawa layang-layang bernama Smurf.(JENDARAS-yendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here