Lingga Akan Jadi Lumbung Padi

0
666
STAF Ahli Kementerian Pertanian RI Mat Syukur (kiri) saat menjelaskan pengembangan padi kepada Bupati Lingga H Alias Wello pada kegiatan penamaman padi dan jagung serentak.F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Bupati Lingga, H Alias Wello terus memacu semangat masyarakat untuk mensukseskan program pertanian yang diusungnya sejak menjadi Bupati Lingga.

LINGGA – Pro kontra yang terjadi atas program pertanian, tidak menyurutkan langkah pria yang akrab disapa Awe ini untuk terus berjuang menjadikan Kabupaten Lingga sebagai lumbung padi di daerah perbatasan.

Untuk memberikan motivasi masyarakat, bahwa pertanian adalah solusi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setiap tahun Pemkab Lingga melakukan kegiatan penanaman secara serentak.

Tidak hanya melakukan penanaman, Awe juga mengundang pejabat tinggi negara untuk menyaksikan apa yang telah diupayakan Pemkab Lingga untuk menjadikan daerah ini sebagai sentra pertanian di Kepri.

”Sesuai komitmen saya, untuk menjadikan Kabupaten Lingga sebagai lumbung padi di wilayah perbatasan. Selain itu, hari ini kita lihat bahwa tanah di Lingga juga bisa ditanami padi. Dulu tempat ini adalah lahan yang terlantar. Dengan semangat dan kerja keras dan dukungan masyarakat kini kita sudah bisa dipanen,” kata Alias Wello, saat membuka kegiatan panen bersama dan penanaman serentak di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, Sabtu (17/2).

Baca Juga :  Kelurahan Pancur Jadi Destinasi Wisata

Awe menjelaskan, Pemkab Lingga akan terus mengembangkan program pertanian. Berbagai kendala yang dihadapi, dapat diselesaikan dengan kerja keras dan dukungan pemerintah.

Sengaja saat kegiatan ini, Awe mengundang Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko.

Namun, kedua pejabat tinggi ini tidak bisa menghadiri undangan Alias Wello karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. ”Saya ingin tunjukkan Kabupaten Lingga komitmen melakukan program pertanian. Semua upaya akan kami lakukan, agar sektor pertanian dapat berkembang di Lingga,” ucapnya.

Selain itu, kehadiran menteri pertanian dan Ketua HKTI diharapkan bisa melihat langsung fasilitas yang dibutuhkan untuk mengembangkan sektor pertanian.

Baca Juga :  Melalui DKTM, Masyarakat Inginkan Tambak Udang

”Meski tidak bisa hadir kerena berhalangan di sini hadir yanga mewakili yakni staf ahli menteri pertanian. Kami berharap apa yang dilihat di sini bisa disampaikan kepada bapak menteri,” ucap Bupati Lingga.

Pada kegiatan itu, ratusan mahasiswa KKN dari STTP Malang, Medan dan Bogor menambah kekuatan dan semangat bagi Lingga. Untuk itu, ia memberikan apresiasi kepada tiga sekolah tinggi tersebut yang telah memilih Lingga sebagai tempat KKN. ”JuJur kalau kami tidak akan sanggup membiayai ratusan mahasiswa ini,” kata Awe.

Selain mahasiswa KKN, program pertanian Lingga juga didukung oleh Bank Indonesia perwakilan Kepri di Batam. Semakin lengkapnya kekuatan yang dimiliki ini, Alias Wello optimis Lingga menjadi lumbung padi di daerah perbatasan dapat terealisasi. ”Tergantung masyarakatnya, karena masyarakat harus punya keinginan dan tekad yang kuat,” sebutnya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Pertanian RI Bidang Perdagangan dan Perhubungan Internasional Mat Syukur mengatakan, sesuai informasi yang ia dapat, potensi pertanian yang ada di Lingga. Menurutnya, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal namun dapat diekspor keluar negeri.

Baca Juga :  Baznas Bantu 24 Mahasiswa

”Saya dapat informasi di sini ada potensi yang tidak hanya untuk kebutuhan pangannya Lingga. Tetapi juga ada potensi untuk ekspor ke negara lain,” sebutnya.

Mat Syukur juga berjanji akan menyampaikan, apa kebutuhan program pertanian di Lingga kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. ”Insya Allah nanti sampai di Jakarta akan saya sampaikan pesan Bupati Lingga,” imbuhnya.

Penanaman serentak padi dan jagung, diharapkan dapat berjalan dengan sempurna hingga masa panen nantinya. Sehingga, Lingga benar-benar bisa jadi lumbung pangan.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here