Lingga Akan Produksi Gula Bit

0
111
BUPATI Lingga H Alias Wello saat meninjau lahan yang rencananya akan ditanam pohon bit untuk bahan dasar gula di Kawasan Pasir Putih, Kecamatan Singkep Barat. F-ISTIMEWA

Bupati Kabupaten Lingga H Alias Wello tertarik mengembangkan potensi tanaman bit sebagai bahan baku gula.

LINGGA – Pria yang akrab disapa Awe itu optimis tahun ini Kabupaten Lingga akan bisa memproduksi gula bit. Untuk itu, pihaknya telah memulai penanaman pohon bit di atas lahan seluas 300 hektare.

”Masa panen pohon sejak mulai tanam, diprediksi sekitar enam bulan. Jika berjalan lancar Kabupaten Lingga, akan memproduksi gula bit tahun ini juga,” kata Alias Wello, kemarin.

Awe menjelaskan, untuk bisa melakukan penaman pohon bit hingga diproduksi gula dibutuhkan anggaran sekitar Rp40 miliar. Bibit tanaman bit gula ini, didatangkan dari Eropa yakni Jerman. ”Kita akan menanamnya secara massal nantinya,” kata Alias Wello.

Namun jika produksi hasil bit dalam satu hektare lahan dapat diperoleh 100 ton bit, maka gula yang dapat dijadikan gula mencapai 16 ton. Dalam sebulan, gula bit yang dihasilan bisa sekitar 480 ton.

”Saya juga nanti akan meminta kepada Presiden Jokowi untuk mendukung program gula bit, saat beliau hadir di Lingga untuk membuka Konprensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelapa yang direncanakan pertengahan bulan September ini,” imbuhnya.

Sebelum gagasan memproduksi gula bit, Awe juga telah berupaya untuk memajukan daerah yang dipimpinnya dengan memberikan usulan kepada Kementerian Pertanian perihal Pulau Karantina Sapi pada 2017 lalu. Hal itu didukung dengan ratusan pulau kosong salah satunya Pulau Bakung yang diusulkannya. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here