Lingga Harus Manfaatkan BP Batam

0
179
BUPATI Lingga, H Alias Wello menyambut kedatangan Plt Gubernur Kepri Isdianto (kanan) pada penerbangan perdana dengan pesawat ATR-72/600 milik maskapai Wings Air di Bandara Dabo. f-tengku/tanjungpinang pos
Kabupaten Lingga harus manfaatkan Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), untuk mengembangkan potensi daerah untuk investasi ke depannya.

LINGGA – Hal ini diungkapkan mantan anggota DPRD Lingga, Said Abdul Hamid, Rabu (2/10).

Ia menyarankan, Pemerintah Kabupaten Lingga menjalin komunikasi yang baik dengan Badan Pengusahaam (BP) Batam.

Menurutnya, jabatan ex officio BP Batam oleh Walikota Batam, Rudi SE adalah kesempatan yang bagi Pemkab Lingga untuk menawarkan potensi yang dimiliki Lingga untuk dikembangkan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui investasi.

”Kita semua pasti setuju kalau daerah ini, membutuhkan investasi untuk membuka lapangan pekerjaan dan meningjatkan PAD. Namun, terdapat kelemahan dari segi geografis Lingga yang tidak didukung, dengan sarana dan prasarana yang mendukung investasi tersebut,” kata Said Abdul Hamid, Rabu (2/10).

Ia menambahkan, dengan komunikasi diharapkan dicapai kesepakatan untuk saling mendukung, dan menguntungkan antara BP Batam dan Pemkab Lingga untuk membuka peluang investasi di Lingga.

”Mungkin BP Batam menyiapkan fasilitas sementara Pemkab Lingga menyiapkan lahan untuk investasi,” katanya memberi contoh.

Hamid menginggatkan, saat BP Batam baru terbentuk dan dipimpin alm BJ Habibie pernah tercetus bahwa daerah bagian selatan yakni Kabupaten Lingga akan dijadikan kawasan pergudangan.

”Potensi lahan di Lingga masih luas untuk dimanfaatkan. Hanya butuh penegasan aturan tebtang peruntukan kawasan,” ucapnya.

Hamid mendukung penuh, upaya Pemkab Lingga untuk mendatangkan investor di Lingga.

Ia menginggatkan, keinginan untuk mendatangkan investor ke Lingga jangan sampai dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan pribadi.

”Jangan sampai investasi yang ditawarkan, hanya semata untuk mendapatkan fasilitas yang diberikan Pemkab Lingga kepada calon investor,” ucapnya.

Selain itu, maskapai penerbangan Wings Air resmi melayani penerbangan Dabo Singkep-Batam.

Dengan jadwal penerbangan, sudah ditetapkan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Dengan adanya penerbangan komersil ini diharapkan menjadi satu amunisi, untuk kemajuan pekerkonomian masyarakat Lingga.

Dengan terbukanya akses transportasi udara, diharapkan para investor yang datang tidak lagi ragu untuk berinvestasi.

Bupati Lingga H Alias Wello mengatakan, masuknya penerbangan komersil Wing Air di Kabupaten Lingga merupakan satu spirit bagi Pemkab Lingga, untuk terus berupaya mendatangkan investor ke Lingga.

Selama ini, moda transportasi udara salah satu yang dikeluhkan investor yang sudah melihat potensi daerah ini.

”Semoga dengan adanya penerbangan Wings Air para investor tidak ragu lagi untuk berinvestasi di Lingga,” harap Alias Wello, saat menyambut pendaratan pesawat Wings Air, Selasa (1/10) kemarin.

Menurutnya, transportasi yang mudah dan terjadwal sangat penting bagi kemajuan daerah terlebih untuk menunjang investasi nantinya. Sehingga, daerah juga akan terbantu bila investasi berdatangan dan turut meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here