Lingga Jadi Sentra Buah Terbesar di Kepri

0
640
BUAH: Bupati Lingga Alias Welo saat menunjukkan bu ah belimbing hasil panennya. F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – GIGIH mengembangkan sektor pertanian Kabupaten Lingga, Bupati Lingga H Alias Wello yakin Lingga mampu menghasilkan produk pertanian yang unggul untuk ke depannya.
Hal itu disampaikan, ketika sedang panen buah Jambu Kristal dan Belimbing di kebun miliknya, Sabtu (17/6). Dalam kondisi kesehatannya yang sedang tidak fit, pria yang disapa Awe ini nekat pulang ke Lingga setelah beberapa hari dirawat di Singapura hanya untuk memanen hasil kebunnya.

”Saya ini memang anak petani. Kebetulan saja ditakdirkan jadi bupati. Jadi, kerja begini sudah biasa. Tak perlu terlalu risau, dan saya sudah biasa begini,” kata Awe. Sesuai dengan tujuannya, yakni Lingga akan menjadi lumbung pangan untuk kedepannya agar tidak bergantung pada daerah lain. Belum lama ini, ia pun menawarkan Pulau Bakung yang dijadikan tempat karantina sapi kepada Kementan RI.

”Hobi bertani telah menyatu dengan jiwa saya, lelah dan sakit pun hilang seketika melihat tanaman,” ungkap Awe. Ady Indra Pawennary yang ahli di dunia pertanian, turut serta saat penen buah di kebun milik Awe tersebut.

”Lahan Lingga sangat potensi, dan memang harus digarap dengan serius. Kita bisa melihat dari hasil panen buah Jambu Kristal dan Belimbing ini,” ujar Ady Indra Pawennary. Pada kunjungan safari Ramadan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun ke Lingga, Awe pun membawakan hasil panennya untuk diperlihatkan kepada Nurdin. Menurut Ady, dengan memperoleh hasil panen buah yang baik Lingga berpotensi menjadi sentra buah-buahan terbesar di Provinsi Kepri.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here