Lingga Juara II STQH ke-VIII Kepri

0
92
SALAH satu qariah asal Lingga yang meraih peringkat kedua di STQH Ke-VII Kepri. F-ISTIMEWA
Kabupaten Lingga sukses meraih posisi kedua umum, pada ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke-VIII Provinsi Kepulauan Riau yang digelar di Kabupaten Bintan.

LINGGA – Prestasi yang diraih ini, tentunya meningkat dibandingkan pada perhelatan yang sama dua tahun silam yakni di peringkat kedua.

”Prestasi yang diraih ini berkat kerja keras kita semua. LPTQ, masyarakat dan khususnya para qari dan qariah yang telah mengharumkan nama daerah. Tugas selanjutnya adalah, mempertahankan prestasi dan meningkatkannya,” kata Kepala Kantor Irisan agama (Kemenag) Kabupaten lingga, M. Nasir, Kamis (2/5).

Nasir mengungkapkan, prestasi yang diraih merupakan indikator bahwa pembinaan agama khususnya bidang Alquran melalui pondok tahfiz sudah semakin baik.

Pola penjaringan bibit qari, hafiz serta pembinaan yang baik sudah dilakukan oleh Ponpes yang ada di Lingga.

”Selain itu, bentuk perhatian yang diberikan oleh Pemkab dan Kementerian Agama mulai menampakkan hasil,” ucap M Nasir.

Nasir juga menuturkan, esensi dari pembinaan Alquran adalah terlaksananya kehidupan yang sesuai dengan isi kandungan Alquran tidak bisa doukur dari torehan prestasi dari STQH. Namun, dengan adanya perhelatan STQH akan menjadi motivasi bagi generasi penerus untuk terus belajar Alquran, cinta Alquran dan bersemangat untuk menghafal.

Sehingga, target Kabupaten Lingga bebas buta aksara dapat terwujud.

”Sebagai bahan evaluasi bersama, bahwa tahun depan kita sudah wajib punya penghafal hadist, penghafal Alquran untuk Fahmil, Ilmu Faraid dan Kitab Fathurohman, Makalah Alquran. Untuk cabang-cabang ini, Lingga belum pernah berprestasi dan tampil hebat. Semoga bisa kita matangkan dari sekarang,” ungkap Nasir.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Lingga, Jaya Atmajaria mengatakan, prestasi yang diraih ini merupakan kerja keras semua pihak.

”Alhamdulillah, prediksi awal bisa dilampaui. Kita prediksi diposisi 3 besar. Namun, hasil tidaklah mengkhianati usaha dan ternyata kita meraih posisi ke-2. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang sudah ikut bersama-sama menyukseskan STQH VIII ini,” imbuh Jaya Atmajaria.

Gelaran STQH ke-VIII Provinsi Kepulauan Riau resmi ditutup Rabu (1/5) malam.

Kabupaten Karimun tampil sebagai juara, untuk kesekian kalinya berhasil mempertahankan prestasi gemilang tersebut. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here