Lingga Panen Perdana Padi Organik

0
486
PANEN: Staf Khusus Kementan Staf Ahli Bidang Investasi Pertanian Kementan Syukur Iwantoro bersama Bupati Lingga Alias Wello saat panen padi organik. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Lingga – MENINDAKLANJUTI kunjungan Menteri Pertanian RI pada tahun 2016 lalu ke Kabupaten Lingga, Staf Ahli Mentan Bidang Investasi Pertanian, Syukur Iwantoro kembali datang ke Lingga Senin (27/2). Kunjungan ini dilakukan, sekaligus panen perdana padi organik.

Ini adalah wujud komitmen Kementan menjadikan Kabupaten Lingga, sebagai salah satu kabupaten perbatasan untuk dikembangan dalam bidang ketahanan pangan, terutama dalam pertanian padi.

”Alhamdulillah kita panen hari ini (kemarin, red). Mungkin ini ujicoba dulu 5 hektar untuk organik, kemudian nanti sekitar bulan Maret atau bulan Mei 100 hektar lagi untuk yang organik,” kata Syukur usai melakukan panen perdana padi organik di lahan sawah Desa Sungai Besar bersama Bupati Alias Wello serta Wakil Bupati Lingga M Nizar.

Dikatakannya, tahun ini Kementan mendukung program Bupati Lingga untuk mengembangkan lahan sawah seluas 3.000 hektar. Jika tahun ini terlaksana, dirinya meyakini pada bulan Oktober tahun depan, Kabupaten Lingga sudah swasembada beras.

”Mungkin sudah bisa dijual. Tapi, supaya organik itu diakui secara nasional, nantinya produk beras disini itu disertifikasi oleh lembaga sertifikasi organik. Nanti kami akan urus ini dengan pak bupati, untuk dinilai dan di audit. Sebelum diaudit kami akan kirim tim untuk lakukan bimbingan,” terangnya.

Syukur mengatakan, peluang pasar khusus untuk beras organik tersebut sangat luar biasa. Sejauh ini dikatakannya, baru salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang mengekspor ke Amerika untuk beras organik tersebut.

”Itulah salah satu kabupaten yang dimotori oleh ibuk Amelia. Saya melihat masyarakat disini sudah bisa nanam, sudah bisa panen, itu luar biasa,” cetusnya.

Pantauan di lapangan, usai melakukan panen perdana padi organik di lahan sawah Desa Sungai Besar, rombongan langsung bertolak menuju Gedung Daerah untuk melanjutkan perjalanan ke perkebunan di Tanah Putih Kecamatan Singkep Barat.(Tengku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here