Lingga Siap Suplai Air Baku ke Batam

0
817
Alias Wello

Libatkan Pakar dan Ahli Pipa Bawah Laut

LINGGA – BUPATI Kabupaten Lingga H Alias Wello S IP menunjukkan keseriusannya menggarap potensi sumber daya air di bumi “Bunda Tanah Melayu” yang dipimpinnya.
Tidak tanggung-tanggung, sejumlah pakar air dan ahli perpipaan bawah laut dilibatkan untuk memberi sumbangsih pemikiran agar kekayaan sumber air Lingga tidak terbuang sia-sia ke laut.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah membangun Bendungan Sei Gong. Namun, keberadaan bendungan itu bukan solusi satu-satunya untuk memanfaatkan sumber air.

Baca Juga :  Pertanian Jadi Andalan PKK di Tahun 2017

”Kita akan tawarkan konsep penyaluran air baku dari Lingga ke Batam dan sekitarnya, dan penyaluran itu menggunakan sistem perpipaan bawah laut,” ujar Alias Wello, Kamis (11/5).

Untuk memastikan bahwa gagasan tersebut tidak sekedar wacana, Alias Welo akan menggelar Focus Grup Discussion (FGD) Sabtu (13/5) di Hotel Harmoni Batam.
FGD yang akan digelar, akan mengangkat tema ”Menggali Potensi dan Pemanfaatan SDA Kabupaten Lingga”.

Acara diskusi tersebut, akan melibatkan sejumlah pakar air dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian PUPR, Universitas Gadjah Mada (UGM), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), ahli perpipaan bawah laut dan stakeholder terkait.

Baca Juga :  Saka Pariwisata Lingga Dikukuhkan

”Para narasumber yang kita libatkan, merupakan pakar air yang sudah tak diragukan lagi kredibilitas dan kompetensinya. Acara ini juga akan dihadiri pak Alex Agung Mardwiyanto, ahli perpipaan bawah laut,” terang Alias Wello.

Menurutnya, Agung Mardwiyanto turut menangani penyaluran gas melalui pipa bawah laut dari Natuna ke Singapura yang jaraknya mencapai 500.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here