Lintas Negara Ikuti Lomba Dragon Boat

0
564
BERPACU: Peserta Lomba Dragon Boat Race berpacu di Sungai Carang, tahun lalu. f-andri/tanjungpinang pos

Lis Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan FBK 2017

Festival Bahari Kepri (FBK) Jilid II tahun 2017 menjadi perhelatan terbesar di Kepri. Agenda tahunan ini melibatkan seluruh elemen di Kepri termasuk pusat hingga mancanegara.

TANJUNGPINANG – BERBAGAI kegiatan sudah disusun panitia. Agenda tahunan Pemko Tanjungpinang pun menjadi bagian dari FBK ini. Sehingga dipastikan beragam acara akan menghibur masyarakat.

Apalagi, banyak kegiatan yang dilakukan melibatkan masyarakat. Karena itu, Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah mengajak seluruh masyarakat Tanjungpinang dan se-Pulau Bintan umumnya untuk ramai-ramai menyukseskan gelaran akbar FBK yang diselenggarakan pada 13-22 Oktober mendatang itu.

Pejabat nomor satu di Kota Tanjungpinang tersebut menyampaikan, bahwa FBK ini merupakan acara pemerintah bersama masyarakat. Jadi sayang, kalau masyarakat di seluruh pelosok Kota Tanjungpinang dan Bintan menyia-nyiakan momentum yang setiap tahun sudah jadi event tahunan masyarakat Kepri ini.

”FBK ini momentum acara kita bersama. Acaranya harus disambut dengan antusias masyarakat. Harapan saya, sama-sama kita mendukung acara ini,” terang Lis Darmansyah kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (6/10).

Lis sendiri bahkan sudah meminta jajaran kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Tanjungpinang, Dispora bahkan Dinas Pendidikan untuk turut serta mendukung dan turut serta terlibat dalam sejumlah rangkaian event yang dilakukan.

”Kalau event ini disambut baik masyarakat se Kepri, maka sudah tentu wisatawan asing, tidak akan menyesal datang menyaksikan kegiatan ini,” bebernya.

FBK ini, menurut dia, digelar juga di beberapa daerah lainnya di Kepri. Tentunya, event wisata yang dikemas di Tanjungpinang ini sangat berbeda dengan daerah lainnya di Kepri. Seperti misalnya di daerah Anambas, bahkan Kota Batam, Karimun, serta Bintan. Semua, kata dia punya identik masing-masing. Namun FBK ini, masih sama seperti tahun lalu, yakni Tanjungpinang paling banyak digelar item acaranya.

”Maka ke depan, boleh saja, sah-sah saja dimana pun FBK ini pertama kali dibuka. Namun Kota Tanjungpinang sebagai ibukota, harus tetap jadi daerah andalan yang harus dikunjungi. Mengingat hampir sebagian besar rangkaian eventnya ada di sini,” tambahnya.

Seperti misalnya, Festival Dragon Boat Race di Sungai Carang. Ia memastikan event ini, sesungguhnya paling dinanti-nanti masyarakat serta wisatawan manca negara yang ingin berpartisipasi di dalamnya.

Maka tidak heran, Lis menyampaikan, saat event tersebut berlangsung akan disaksikan dan dibuka langsung perwakilan Menteri Pariwisata RI yang sudah diagendakan oleh panitia.

Diikuti Berbagai Negara
Pemko Tanjungpinang kembali akan menggelar International Dragon Boat Race (DBR) 2017 di Tanjungpinang dalam rangkaian Festival Bahari Kepri.

Event tahunan ini akan digelar di Perairan Sungai Carang, Senggarang. Tujuannya, selain ingin mengangkat kembali sejarah Sungai Carang yang pernah jadi jalur perdagangan internasional, perairan ini cocok digelar DBR internasional karena gelombangnya tidak ada dan jalur pacunya cukup panjang.

Kemudian, view cukup indah, penonton nantinya bisa mengunjungi tempat wisata Istana Kota Rebah dan Jembatan I Senggarang. Perairan Sungai Carang dijadikan lokasi DBR karena sesuai aturan Federasi Olahraga Dayung Seluruh Indonesia. Jalurnya sudah memiliki jalur internasional.

Bagi tim DBR yang ada di Kepri dan luar Kepri diimbau untuk mempersiapkan diri. Peserta DBR tahun ini diharapkan bertambah dari luar negeri.

Polres Siap Amankan
Polres Tanjungpinang akan mengerahkan kekuatan penuh untuk menyukseskan FBK. Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro mengatakan, Polres Tanjungpinang sepenuhnya mendukung seluruh kegiatan festival FBK. Anggota juga akan dikerahkan saat festival. ”Kami berkoordinasi dengan berbagai institusi untuk membantu mengamankan dan menyukseskan FBK 2017,” katanya Jumat (6/10).

Kapolres mengharapkan, ke depannya festival dapat ditingkatkan lagi agar Tanjungpinang bisa dikenal hingga masyarakat luar bukan hanya di Tanjungpinang saja.

Tanjungpinang merupakan satu kota yang indah beragam tempat wisata yang bagus seperti Pulau Penyengat, patung seribut serta berbagi tempat wisata lainnya.

”Festival FBK ini merupakan daya tarik para wisatawan, sektor pariwisata semakin berkembang dan dengan adanya festival Tanjungpinang lebih dikenal,” sebutnya.

Ardiyanto menyebutkan, masyarakat menyaksikan rangkaian Kegiatan FBK 2017. Masyarakat juga diharapkan ikut menyukseskan kegiatan tersebut, dengan ikut serta menjaga Tanjungpinang tetap aman dan tertib. ”Saya minta seluruh masyarakat Tanjungpinang agar menjadi tuan rumah yang baik,” imbaunya. (ais/bas/ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here