Lintasan Tour De Bintan Terbaik Dunia

0
790
PESERTA TDB melintasi perkampungan di Bintan, tahun lalu.f-yusfreyendi/tanjungpinang pos

BINTAN – Event internasional Tour De Bintan (TDB) masih favorit bagi pesepeda asing untuk diikuti. Terbukti, belum berakhir Januari 2018, sudah 1.100 peserta yang mendaftar baik dari dalam maupun luar negeri.

Pesepeda dalam dan luar negeri sangat tertarik mengikuti event ini karena lintasannya termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Tahun 2018 ini, panitia memperpanjang lintasan Toud De Bintan. Jalan raya Kota Kijang, Kecamatan Bintan Timur akan menjadi lokasi jalur lintasan tambahan dalam pelaksanaan TDB 2018 yang akan dilaksanakan pada 23-25 Maret mendatang.

Luki Zaiman Prawira, Kepala Dinas Pariwisata Bintan mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan dan survei untuk lintasan tambahan tersebut. Nantinya dalam lintasan ini akan dilalui peserta kategori Grand Fondo atau Big Ride yang merupakan kategori utama Tour De Bintan 2018.

Baca Juga :  KPK Warning Dua OPD Pemprov

”Untuk persiapan saat ini sudah dilakukan dan berjalan baik. Jumlah peserta saat ini sudah 1.100 yang mendaftar,” katanya saat diwawancarai, Kamis (18/1).

Ia menambahkan, untuk tahun 2018 ini, merupakan ketiga kalinya TDB dilaksanakan dan masuk dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI) series World Championship. Untuk Bintan, lanjutnya, merupakan satu-satunya event sepeda yang masuk dalam kalender UCI tersebut.

”Meski sudah masuk dalam kalender dunia dan nama Bintan masuk dalam jajaran lintasan terbaik dunia. Kami terus melakukan inovasi-inovasi lintasan agar lebih menarik dan menantang bagi peserta,” sebutnya.

Ditambahkan Luki juga, dengan adanya event TDB ini tentunya akan menarik wisata datang ke Bintan. Diperkirakan lebih dari 5.000 wisatawan mancanegara akan datang seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Kemenkes Tambah Dokter Spesialis di Kepri

Tahun 2017 lalu, sekitar 1.153 pebalap menghadiri TDB ini. Tahun 2016, 800 peserta dari dalam negeri dan 40 negara berpacu di Bintan. Tour De Bintan sebagai salah satu penyelenggaraan kompetisi olahraga sepeda terdepan di Asia. Biasanya, Pemkab Bintan selalu melakukan ujicoba lapangan sebelum event dimulai.

Pada ajang perlombaan ini, umumnya diikuti oleh atlet profesional dari Asia dan Eropa hingga Amerika Serikat. Event ini selalu berpengaruh dalam jumlah kunjungan wisata asing.

Biasanya hotel penuh dan para peserta yang ikut juga tidak sendirian, melainkan membawa keluarganya juga untuk berkunjung ke Bintan.

Baca Juga :  Rumah di Bibir Pantai Jadi Homestay

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri Buralimar, event olahraga wisata ini sangat disukai turis asing. Ke depan, perlu direncanakan lagi event wisata lain yang digelar di air.

Hal ini sesuai dengan ditetapkannya Kepri sebagai Pintu Gerbang Utama Wisata Bahari Indonesia. Sehingga, event wisata di air harus diperbanyak.

Ia menambahkan, tahun 2018 ini sekitar 110-120 event akan digelar di Kepri dan menjadi tontotan bagi turis, wisnus dan masyarakat lokal. Angka kunjungan wisata diharapkan meningkat seiring diperbanyaknya event tahun depan. (aa/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here