LIPI Jajaki Kerja Sama dengan FIKP UMRAH

0
845
DEKAN Fakultas Ilmu Kelautan UMRAH Tanjungpinang, Dr Agung Dhamar Syakti saat berbincang dengan peneliti LIPI, baru-baru ini.F-istimewa/humas umrah

TANJUNGPINANG – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) Tanjungpinang mendapat kunjungan dari rombongan Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Senggarang, Kamis (25/1).

Rombongan terdiri dari Kepala P2O LIPI Dr Dirhamsyah, MA beserta kepala LSP P2O LIPI Deny Sutisna S Sos, M Fin dan beberapa pejabat P2O LIPI lainnya.

Maksud dari kunjungan ini adalah untuk menjajaki kerja sama dalam hal pendirian Tempat Uji Kompetensi (TUK) penilaian kesehatan kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya di FIKP Universitas Maritim Raja Ali Haji .

Terkait hal ini P2O LIPI meminta kesanggupan, komitmen serta dukungan dari FIKP UMRAH dalam pelaksanaan pembentukan program tersebut serta FIKP UMRAH untuk dapat mengidentifikasi sarana dan prasara, asesor, ruang kelas, ketersediaan alat selam, ruang komputasi dan beberapa kebutuhan standar lainnya yang dibutuhkan dalam pembentukan Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Baca Juga :  BEM Poltekes Rayakan Ulang Tahun ke 5

P2O LIPI juga berkomitmen untuk siap membantu mendukung kelengkapan sarana dan prasarana yang kurang. Untuk itu, pihak Universitas Maritim Raja Ali Haji diminta untuk dapat membuat perjanjian kerja sama dalam bentuk MOU dengan LIPI dan beberapa stakeholder terkait lainnya dalam waktu dekat.

Dekan FIKP-UMRAH Dr Agung Dhamar Syakti mengungkapkan, selain itu pembahasan mengenai pembentukan TUK pertemuan ini juga membahas kelanjutan mengenai kerja sama monitoring kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya.

Agung menambahkan, Universitas Maritim Raja Ali Haji tetap melanjutkan kegiatan monitoring kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya untuk wilayah Kabupaten Natuna dan Lingga. Penguatan kerja sama dalam pengelolaan data terpadu Oseanografi, dan ekosistem pantai yang berada di server Universitas Maritim Raja Ali Haji juga menjadi topik pembahasan dalam pertemuan di ruang rapat FIKP Universitas Maritim Raja Ali Haji . Diharapkan dari penguatan kerja sama ini, data-data yang berada di server Universitas Maritim Raja Ali Haji dapat dimanfaatkan, dan dapat diakses oleh stakeholder terkait yang membutuhkan, misalnya di dalam penetapan RZWP3K yang seyogyanya mengacu dan mempertimbangkan basis data informasi mengenai ekosistem terumbu karang, padang lamun dan ekosistem lainnya.

Baca Juga :  Siswa SMA-SMK Sekaligus Kuliah

”Datanya tersedia untuk publik pada Aplikasi CRMIS (Coral Reef Management Information System), yang bisa diakses secara online melalui http://crmis.fikp.umrah.ac.id,” sebut Agung, kemarin.

FIKP UMRAH maupun P2O LIPI berharap, agar kerja sama yang sudah dibangun agar dapat diperluas ke depannya diantaranya kesepakatan menambah addendum kerja sama untuk riset-riset yang mengarah kepada marine endangers species yang diantaranya riset mengenai teripang maupun riset yang berkaitan dengan marine plastic debris.

Saat ini, pihak Universitas Maritim Raja Ali Haji berupaya melakukan penelitian-penelitian di laut terutama karena Kepri merupakan salah satu daerah maritim terbesar di Indoensia. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here