Lis Ajak Ketua RT Perhatikan Lingkungan

0
447
BERSALAMAN: Wako Tanjungpinang, H Lis Darmansyah bersalaman dengan masyarakat saat berkunjung ke Pasar Bestari Bincen, belum lama ini. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Agar para pedagang yang membandel mau memindahkan gerobak serta tenda habis berjualan juga perlu peran aktif dari perangkat RT/RW. Untuk diketahui, ada beberapa pemilik gerobak yang enggan menyimpan gerobak dan tenda sehabis jualan di kawasan Bintancenter (Bincen). Bila sebelumnya mendapat peringatan keras dari Satpol PP kini datang dari Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah. ”Jangan hanya pemerintah saja, tetapi perlu peran aktif dari ketua RT/RW serta pemilik ruko tersebut,” kata Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah kepada Tanjungpinang Pos, Senin (31/7).

Bentuk pengawasan di lingkungan tempat tinggal, kata Lis, tidak selalu dilakukan pemerintah daerah saja, yaitu Pemko Tanjungpinang melalui dinas terkait. Namun, perangkat setempat perlu peran aktif untuk melakukan pengawasan di tempat tinggalnya. Mulai dari perangkat RT/RW, pemuda hingga tokoh masyarakat dan tokoh pemuka di lingkungan tersebut. Begitu juga dengan pemilik ruko untuk peran aktif menjaga lingkungan tempat tinggalnya. Sehingga dilingkungan tempat tinggalnya terasa nyaman dan damai.

Kalau pemilik ruko sudah menegur, tetapi pedagang kaki lima juga masih bandel, saran dia, untuk melaporkan ke intansi bersangkutan. Mulai dari perangkat RT/RW hingga pemerintah. Tujuannya, supaya permasalahan yang mengganggu ketertiban kota segera diatasi bersama. Jangan sampai permasalahan ini akan berlarut lama. ”Kalau langsung lapor ke pemerintah juga bisa. Kita langsung menanggapi dengan cepat,” terang dia.

Maka dari itu, tegas dia, semua ini perlu ada kerjasama antarmasyarakat dengan pemerintah. Kalau masyarakat peduli dengan lingkungan, otomatis pemerintah lebih peduli dengan masyarakat. Karena tanpa ada kerjasama dengan masyarakat, tak akan mungkin pemerintah bisa menata Kota Tanjungpinang dengan baik dan bagus. ”Kita harus peduli dengan lingkungan tempat tinggal. Mulai dari kebersihan dan sebagainya. Ini sangat penting sekali,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here