Lis dan Syahrul Ikut Menenangkan

0
538
SUNAT MASSAL: H Lis Darmansyah menenangkan anak yang sedang disunat agar tidak menangis. f-IST/HUMAS PEMKO TANJUNGPINANG

119 Anak Ikut Sunatan Massal 

TANJUNGPINANG – Jerit tangis histeris dan aksi berontak sejumlah bocah mewarnai prosesi khitanan massal yang digelar Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan, Sabtu (13/5) di Puskesmas 10 Tanjungpinang.

Wajah tegang jerit tangis hingga aksi ngambek bocah ini memaksa sejumlah orang tua berjuang untuk menenangkan, termasuk Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah dan H Syahrul, ikut menenangkan mereka. Ada 119 anak mengikuti kegiatan sunat massal dihadiri Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah dan wakilnya, H Syahrul.

Lis Darmansyah mengatakan sunatan sangat penting bagi kesehatan kelamin dan keharusan baik dalam dunia kesehatan maupun kewajiban bagi agama Islam. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya negara maju atau non islam, mengikuti anjuran dunia kesehatan untuk melakukan sunat, agar terhindar dari penyakit kelamin.

”Berbicara dunia kesehatan, sangat penting bagi masyarakat, agar selalu mengecek atau mengontrol kesehatan guna mengetahui kondisi kesehatan, jangan kalau sudah terindikasi dengan kondisi stadium lanjut baru mengetahui penyakit yang diderita,” tambahnya

Lis mengingatkan kepada masyarakat dapat mengunakan BPJS bukan hanya untuk keadaan sakit, namun dapat digunakan untuk mengontrol kesehatan, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

”Sekarang banyak program pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu untuk berobat, sebagai contohnya program road show kesehatan, bagi masyarakat yang tidak mampu dan sudah terbaring sakit di rumah,” tegasnya.

Dan, pemerintah akan membawa ke rumah sakit, namun masyarakat harus terbuka dengan cara melaporkan ke puskesmas atau ke perangkat RT dan RW sehingga dapat ditindak lanjuti.

”Pemerintah terus memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” tegasnya.

Ketua Panitia Pelaksana sunatan massal, Sri atau yang sering dipanggil Ros menjelaskan kegiatan sunatan massal untuk tahun 2017 dilaksanakan dua kali. Yakni, saat ini (kemarin) di Puskesmas Batu 10 dan pada 8 Juli 2017 akan digelar di Gedung Perpustaaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.

”Sunatan massal untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan terkendala dana, dan juga untuk menjaga kesehatan reproduksi kelamin laki-laki selain itu juga sebagai kewajiban dalam agama Islam,” tegasnya.

Kegiatan sunatan massal ditargetkan untuk 200 orang, di tahun 2017, namun pada saat ini, yang sudah daftar mencapai 150 orang, sedangkan yang telah mendaftar ulang di Puskesmas Batu 10 mencapai 119 orang.

Sebelum digelar sunatan massal, H. Lis Darmansyah, bersama H. Syahrul, melihat langsung keruangan tempat dilaksanakannya sunatan massal. Peninjauan tersebut, untuk mengetahui sarana dan prasarana dan juga kesiapan para medis untuk melaksanakan kegiatan. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here