Lis dan Syahrul Janji Ciptakan Pilkada Damai

0
372
Dua calon Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah dan H Syahrul naik mobil di acara deklarasi pilkada damai yang digelar KPU, Minggu (18/2). F-ANDRI DS/TANJUNGPINANG POS

Tanjungpinang – Dua calon Wali Kota Tanjungpinang, yakni nomor urut 1, H.Syahrul-Rahma dan nomor urut 2, H.Lis Darmansyah-Maya Suryanti berjanji akan melaksanakan Pilkada damai, tanpa money politic (politik uang), politik sarah dan politik hoax. Janji tersebut mereka sampaikan saat deklarasi kampanye damai yang digelar oleh KPU Tanjungpinang di lapangan Pamedan Tanjungpinang, Minggu (18/2). Deklarasi damai yang ketiga kalinya digelar di pilkada Tanjungpinang.

Sebelumnya, deklarasi damai telah digelar Polres Tanjungpinang dan Panwaslu Kota Tanjungpinang, Rabu (14/2) di tempat yang berbeda. Deklarasi damai ini digelar, karena masa kampanye telah tiba. Masa kampanye digelar 15 Februari kemarin hingga 23Juni mendatang.Pencoblosan sendiri digelar 27 Juni mendatang.

Deklarasi pilkada damai kemarin, juga dihadiri Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, Kapolres Tanjungpinang, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria, Panwaslu Kota Tanjungpinang, Bawaslu Provinsi Kepri, Kasatpol PP, Kesbangpolinmas dan Kadiadukcapil Kota Tanjungpinang. Dalam deklarasi tersebut, masing-masing calon membacakan puisi.

Setelah membaca ikrar janji deklarasi kampanye damai, pihak penyelenggara Pemilu meminta dua paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor urut 1 dan 2 beserta tim pemenangan untuk membubuhkan tandatangan di spanduk yang telah disediakan.

Kemudian, paslon nomor urut 1 (sabar) dan 2 (lima) serta Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, Kapolres Tanjungpinang, pihak KPU, Panwaslu, Bawaslu dan tim pemenangan bersama-sama melepaskan burung merpati yang diambil di dalam sarang dan kardus berada di atas panggung lapangan tersebut.

Setelah itu, baru Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza melepaskan dua paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang serta pendukungnya untuk berkeliling Ibukota Tanjungpinang menggunakan mobil hias. Setiap paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang hanya diperbolehkan oleh KPU Kota Tanjungpinang untuk menyediakan 10 kendaraan hias.

Mobil KPU, Panwaslu dan Bawaslu juga ikut beriringan bersama mobil hias yang dikawal ketat oleh polisi dari Polres Tanjungpinang. Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, deklarasi kampanye damai dilakukan di 171 daerah yang sedang menyelenggarakan Pilkada serentak di tahun 2018 ini termasuk Kota Tanjungpinang.

Disela itu, Robby berpesan untuk dua paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang untuk menjauhi kampanye hoaxs, money politik (politik uang) dan politik sara. ”Itu merusak demokrasi kita,” tegas Robby kepada Tanjungpinang Pos disela selesai menyaksikan pelepasan kendaraan hias. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here