Lis Darmansyah Bakal Maju di Pileg 2019

0
221
H Lis Darmansyah (kiri) bersamanan dengan Herman salah satu tokoh olahraga balap sepeda di Kota Tanjungpinang. F-istimewa

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepri H Lis Darmansyah juga calon Wali Kota Tanjungpinang, dikabarkan akan maju sebagai bakal calon anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

TANJUNGPINANG – Meskipun KPU Kota Tanjungpinang belum mengumumkan siapa pemenang Pilkada Tanjungpinang, namun hasil sementara H Syahrul-Rahma unggul. Keseriusan H Lis Darmansyah maju sebagai caleg DPRD Provinsi Kepri daerah pemilihan Tanjungpinang, setelah Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang menerbitkan 454 surat keterangan tidak pernah dipidana sebagai syarat Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2019. Dari 454 surat keterangan yang sudah dikeluarkan oleh PN Tanjungpinang, salah satunya nama H Lis Darmansyah.

Persaingan menuju kursi DPRD Provinsi Kepri daerah pemilihan Tanjungpinang cukup ketat. Hanya lima kursi yang diperebutkan oleh puluhan tokoh masyarakat Tanjungpinang, baik yang sudah duduk di DPRD Provinsi saat ini maupun yang belum. Saat ini ada lima anggota DPRD Kepri dari daerah pemilihan Tanjungpinang yakni Teddy Jun Askara (Golkar), Rudi Chua (Hanura), Hj Yuniarni Pustoko Weni (PDIP), Husnizar Hood (Demokrat) dan Syarafuddin Aluan (PPP). Lima anggota DPRD yang sudah duduk akan bersaing dengan Bacaleg pendatang baru seperti Ketua DPD Partai NasDem Kota Tanjungpinang, Bobby Jayanto dan H Lis Darmansyah.

Humas PN Tanjungpinang, Santonius Tambunan mengatakan, sampai saat ini sudah 454 orang yang mengajukan surat keterangan tidak pernah dipidana dan dicabut hak pilihnya, sebagai syarat untuk mengikuti pendaftaran calon anggota legislatif di Pemilu 2019 mendatang.

”Hingga sore ini (kemarin) ada 454 surat keterangan belum pernah dipidana baik sudah diterbitkan dan masih dalam proses pembuatan,” katanya Selasa (3/7).

Santonius menyebutkan, dalam pengurusan tidak dipungut biaya. Setiap pemohon surat keterangan akan dikroscek datanya dengan data di pengadilan. Apakah pernah dipidana atau tidak? Jika tidak ada masalah, maka surat keterangan dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Tanjungpinang. ”Kita upayakan dalam satu hari selesai, tidak ada biaya dalam pengurusan” sebutnya.

Santonius menjelaskan, para Bacaleg yang bisa mengurus surat keterangan belum pernah dipidana di Pengadilan Negeri Tanjungpinang hanya mereka yang berdomisili di Kabupaten Dabo Singkep, Bintan dan Kota Tanjungpinang. ”Sampai saat ini belum menemukan Bacaleg yang pernah berhadapan dengan hukum atau yang pernah dipidana,” tuturnya.

Lanjutnya, dari para pemohon Bacaleg diperoleh dari Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang. Di mana, dari 454 surat keterangan tidak pernah dipidana yang dikelurkan untuk Bacaleg, ada nama pemohon Lis Darmansyah dan Ansar Ahmad. Ansar Ahmad dikabarkan akan maju sebagai Bacaleg DPR RI daerah pemilihan Provinsi Kepri. ”Kalau Pak Lis mengurus surat keterangan belum pernah dipidana tersebut untuk mengikuti Bacaleg DPRD Provinsi Kepri dan Ansar Ahmad untuk Bacaleg DPR RI,” pungkasnya.(RAYMON-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here