Lis Imbau Lurah dan Camat Ikut Pantau Harga

0
749
Hasil kebun: Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul meninjau hasil panen masyarakat.f-ANDRI/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Wali Kota (Wako) Tanjungpinang, H Lis Darmansyah mengimbau kepada camat serta lurah untuk ikut memantau harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah tahun 2017.

Pantauan bisa dilakukan di warung atau kedai kecil yang menjual kebutuhan pokok di wilayah kerja camat serta lurah masing-masing. Ia menekankan kepada camat dan lurah jangan tenang-tenang dan santai saja dengan kondisi seperti saat ini. Tapi, camat dan lurah ikut berperan serta untuk memantau perkembangan harga kebutuhan pokok.

”Minimal pantau di wilayah kerjanya saja. Ya, warung-warung maupun kedai-kedai kecil yang berjualan sembako,” kata Lis kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.
Menurutnya, momen Ramadan dan Idul Fitri akan dimanfaatkan pedagang untuk menaikkan harga. Harga kebutuhan pokok, lanjut Lis, perlu ada Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk semua jenis kebutuhan pokok.

Baca Juga :  Penyidik Temukan Bekas Suntikan di Kaki

HET diberlakukan untuk distributor hingga ke pedagang yang berjualan di pasar tradisional di Tanjungpinang. Misalnya, harga gula pasir sekitar Rp 11.500 per kilogram (kg). Tapi, pedagang menjual gula pasir di warung maupun kedainya bisa mencapai Rp 15 ribu per kg.

”Ini tidak boleh. Ini perlu ada pemberitahuan HET harga buat distributor hingga pedagang kecil,” ucap dia. Ilmu ekonomi di pasar yang selalu terjadi, lanjut dia, kalau stok kebutuhan pokok berkurang di pasaran, maka secara otomatis harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan harga.

Baca Juga :  Pembangunan SMAN 8 Gagal Karena Lahan Belum Tersedia

Namun sebaliknya, kalau stok berlimbah, harga kebutuhan pokok mengalami penurunan atau bisa jadi stabil. Ia mengimbau, kepada pedagang untuk tidak mencari keuntungan besar-besaran. Mulai dari pedagang pasar tradisional maupun warung hingga kedai kecil di Tanjungpinang. ”Di bulan Ramadan ini, kita mencari amal saja,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here