Lis: MTQ Ajang Lahirkan Generasi yang Qur’ani

0
356
F-humas/tanjungpinang pos MTQ TINGKAT KELURAHAN: Penampilan pelajar di pembukaan MTQ Kelurahan Batu IX, Jumat (17/2) malam.

TANJUNGPINANG – Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah, mengatakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Tingkat Kota, bukan hanya sekedar untuk mencari bakat qori dan qoriah yang berprestasi semata, melainkan dapat melahirkan generasi muda yang qurani.

”Membaca Alquran sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam,” kata H. Lis Darmansyah, SH, saat memberikan arahan pada acara pembukaan MTQ Kelurahan Batu IX, Jumat (17/2) malam.

MTQ di tingkat Kelurahan itu, secara resmi dibuka oleh Camat Tanjungpinang Timur. Sebanyak 112 peserta akan menunjukkan bakat dalam ajang MTQ. Peserta merupakan perwakilan kafilah dari seluruh RW yang ada di Kelurahan Batu IX.

Dikatakan Lis, Alquran harus menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-harinya, untuk dapat menjaga diri dari tindakan yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

”Generasi muda tidak hanya dapat melantunkan ayat suci dengan baik. Tetapi, bagaimana tinggkah laku dari generasi muda ini dapat disesuaikan dengan apa yang telah diajarkan oleh orang tua dan para pendidik. Sehingga ke depanya orang tua dianugrahi anak yang soleh dan solehah. Dengan begitu, kota ini akan memiliki calon-calon pemimpin yang dapat memahami dan memgimplementasikan Alquran di dalam kehidupannya sehari-harinya,” harap Lis.

Untuk itu, Lis ingin para orang tua tidak hanya menitipkan anak-anak ke Tempat Pendidikan Agama (TPA) atau Tempat Pendidikan Alquran (TPQ) untuk belajar Alquran, akan tetapi terus mendorong anak-anak terus belajar agama.

Bisa membaca Alquran dengan baik harus disertai dengan ilmu-ilmu keagamaan lainnya, karena ilmu yang mereka dapat tidak akan pernah habis dan tidak pernah cukup, sehingga ke depan mereka benar-benar memahami ajaran agama untuk menjadi bekal bagi kehidupannya.

”Saya mengajak para orang tua, agar dapat selalu memberikan pengawasan dan melihat segala perkembangan anak-anaknya. Selain itu, ajang MTQ ini sebagai intropeksi bagi kita semua, untuk melihat apa yang dimiliki dan perkembangan generasi muda kita dalam memahami dan memaknai isi kandungan Alquran bagi kehidupan mereka,” tegasnya.

Camat Tanjungpinang Timur, Yeni Trisia Isabella, S. Sos, berharap MTQ ini dapat meningkatkan generasi muda yang islami di Kota Tanjungpinang. Ia menjelaskan bahwa, pelaksanaan MTQ di Kelurahan Batu IX ini adalah MTQ yang pertama digelar di Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Dalam pelaksanaan MTQ ini, para guru TPQ dan TPQ memiliki andil yang cukup besar dalam melahirkan qori dan qoriah yang berprestasi di Kota Tanjungpinang, khususnya wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. (bas/humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here