Lis Perhatikan Semua Budaya Daerah

0
496
SILATURAHMI: Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah menghadiri silaturahmi bersama Ikatan Warga Kuantan Singingi (Iwakusi) Tanjungpinang-Bintan, di Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu (5/8) malam lalu. f-istimewa/humas pemko tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah dan Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau H Mursini, sama-sama mengunggulkan potensi pariwisata dan kebudayaan menarik wisatawan mancanegara. Selain itu, Lis juga dianggap memperhatikan semua budaya daerah yang ada di Tanjungpinang. Sehingga menambah keunggulan Tanjungpinang yang kental dengan budaya Melayu.

Hal itu disampaikan kepala daerah ini, di sela silaturahmi bersama Ikatan Warga Kuantan Singingi (Iwakusi) Tanjungpinang-Bintan, di Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu (5/8) malam lalu. Dalam kegiatan tersebut, Bupati Kuansing H Mursini menyampaikan, di Kabupaten Kuansing cukup banyak potensi pariwisata seperti air terjun tujuh tingkat di Hulu Kuantan, air terjun Kasang di Kuantan Mudik dan beberapa objek wisata panorama alam Bukit Betabuh.

Namun yang lebih akbar, Kuantan Singingi memiliki pariwisata pacu jalur (lomba perahu) yang sudah menjadi agenda nasional. ”Sepertinya, kita sama-sama mengunggulkan potensi pariwisata. Baik di Kuansing maupun di Tanjungpinang,” tegasnya. ”Termasuk juga kebudayaan seni randai dan talempong. Kami bersyukur, kesenian yang turut dikembangkan Iwakusi di Tanjungpinang ini, mendapat perhatian dari Wako Tanjungpinang,” kata Mursini.

Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah mengatakan, warga Kuantan Singingi di Tanjungpinang maupun di Bintan, sangat banyak. Bahkan di kalangan pemerintahan, warga asal Kuansing juga ada, dan berperan besar dalam pembangunan daerah. Begitu juga warga Kuansing di Tanjungpinang, cukup besar perannya dalam mengembangkan sektor pariwisata. ”Kami di Tanjungpinang juga mengandalkan pariwisata pak Bupati Kuansing,” katanya. ”Kalau di Kuansing ada pacu jalur, di Tanjungpinang ada dragon boat race yang sudah diikuti dari luar negeri,” ujar Wako Tanjungpinang.

”Kami berharap agar warga Iwakusi di Tanjungpinang-Bintan terus membantu kami, dalam membangun Kota Tanjungpinang,” harap Lis Darmansyah, yang turut membantu dana kepada sanggar randai IWakusi. Ketua Iwakusi Tanjungpinang-Bintan, Sardison mengatakan, kegiatan silaturahmi ini bertujuan untuk mempererat persatuan dan kekeluargaan warga Kuantan Singingi di perantauan.

Dalam kegiatan itu hadir Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Pembina Iwakusi Edwar Arfa, Rektor UMRAH Syafsir Akhlus dan belasan pejabat pemerintahan serta warga asal Kuansing. Pelaku usaha pariwisata Pulau Bintan, Bobby Jayanto, juga ketua Kadin Tanjungpinang, minta kepada pemerintah daerah, memperbanyak objek wisata di ibu kota. ”Sekarang maskapai dari Tanjungpinang ke beberapa daerah sudah dibuka. Penerbangan internasional langsung ke Tiongkok sudah jalan. Tinggal kita benahi objek wisatanya saja,” kata Bobby. (bas/fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here