Lis-Syahrul Beberkan Capaian Lima Tahun

0
256
H Lis Darmansyah dan wakilnya, H Syahrul usai perayaan empat tahun kepemimpinannya, tahun lalu. f-istimewa/humas pemko tanjungpinang

Pemerintah Kota Tanjungpinang di bawah kepemimpinan Lis Darmansyah-H Syahrul menyampaikan beberapa capaian dan prestasi yang berhasil ditoreh selama 5 tahun kepemimpinan mereka.

TANJUNGPINANG – Menurut Lis Darmanyah, selama Lima tahun terakhir, target RPJMD Kota Tanjungpinang 2013-2018 telah mencapai 89 persen padahal targetnya 75 persen. Selain itu, sebutnya, ada beberapa capaian pembangunan pemko dalam mewujudkan visi misi Lis-Syahrulnya. Di antaranya, dalam bidang pendidikan, angka kelulusan pada jenjang SD dan SMP telah mencapai 100 persen, pembangunan sekolah baru, revitalisasi dan rehabilitasi sekolah dan ruang kelas.

Selain ”itu, ada pemberian beasiswa ke siswa berprestasi dan siswa kurang mampu. Di bidang Kesehatan, telah dilaksanakan program pembangunan pusat-pusat pelayanan kesehatan dasar dan rujukan baik Puskesmas, Pustu, RSUD, dan Posyandu. Serta pelayanan kesehatan penduduk miskin,” terang Lis Darmansyah.

Dalam pembangunan infrastruktur, telah ditangani 84,12 persen titik banjir dari 62 titik banjir yang ada pada kondisi awal RPJMD tahun 2013. Kemudian pembangunan dan pemeliharaan jalan sepanjang 85,06 kilometer sampai dengan tahun 2017. Untuk kelancaran lalu lintas, telah dilakukan penataan perparkiran dengan penetapan kawasan tertib parkir.

Di samping itu, ucap Wali Kota, dalam meningkatkan pelayanan ruang publik, masyarakat Tanjungpinang telah menikmati fasilitas Taman Batu X, Laman Boenda dan Gedung Gonggong beserta atraksi lampu hiasnya sebagai ikon baru wisata di Kota ini.

Begitu juga, dengan kepusan masyarakat dalam peningkatan layanan publik, pemko Tanjungpinang telah melakukan pembangunan gedung perkantoran, seperti Kantor Kelurahan Sei Jang, Kantor Kelurahan Batu IX, Kelurahan Melayu Kota Piring, Kelurahan Tanjungpinang Barat, Kantor Kecamatan Tanungpinang Barat, Kantor Kecamatan Bukit Bestari, Kantor Damkar, ruang rawat inap Puskesmas Kampung Bugis, Puskesmas Batu X, Revitalisasi Gedung Kesenian Aisyah Sulaiman, dan Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah..

Atas kerja keras seluruh jajaran pemko Tanjungpinang dan dukungan dari masyarakat. Kinerja pemko Tanjungpinang mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Beberapa penghargaan yang berhasil diraih, diantaranya penghargaan Swasti Saba Padapa 2017, Wahana Tata Nugraha pada tahun 2015 dan 2016, penghargaan Adipura ke 13 sejak berdirinya Kota Tanjungpinang.

Kemudian, Kota Peduli HAM, Kota Layak Anak, predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), predikat penilaian BB terhadap laporan akuntabilitas kinerja tahun 2014 dan 2015, predikat WTP, TPID terbaik, dan Pragripta Nusantara.

”Semua penghargaan bukan kami kejar, bukan kami cari-cari, tetapi murni penilaian dari pemerintah pusat dan berkat hasil kerja seluruh aparatur pemko Tanjungpinang bersama masyarakat,” kata Lis, kemarin.

”Kami bekerja bukan untuk mencari penghargaan atau mencari popularitas, tetapi murni kerjasama seluruh aparatur, perangkat RT/RW, stakeholder serta dukungan masyarakat Kota Tanjungpinang,” tegasnya

Kata Lis, penghargaan ini bukan untuk seorang Lis Darmansyah, namun penghargaan ini, tentu untuk mengangkat nama baik Kota Tanjungpinang di tingkat nasional, dan tentunya lebih memperkenalkan Kota Tanjungpinang di tingkat nasional.

Dirinya menyadari, selama lima tahun melaksanakan amanah, tentu masih terdapat kekurangan dan masih ada mimpi yang belum terselesaikan, untuk itu, dirinya menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Ucapan terimakasih pun ia sampaikan kepada seluruh komponen masyarakat, ASN, yang selama ini mendukung dan bekerja bersamanya.

”Saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat, ASN yang telah bahu membahu memberikan kontribusi untuk kemajuan Kota Tanjungpinang tercinta. Terima kasih juga kepada pemerintah Provinsi Kepri, DPRD Provinsi Kepri, DPRD Kota Tanjungpinang atas kerjasama sebagai mitra dalam mendukung kebijakan-kebijakan Pemerintah Kota Tanjungpinang,” bebernya.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, mengungkapkan peringatan hari jadi tahun ini. Merupakan hari yang monumental bagi kami, pasangan Lis-Syahrul, karena tepat 16 Januari mendatang, kami akan mengakhiri masa jabatan, dan hari ini menjadi peringatan hari jadi terakhir pada masa kepemimpinan kami, periode 2013-2018.

”Meski pengabdian kami tinggal menghitung hari, namun kami tetap berkomitmen bahwa kecintaan terhadap Kota ini, tidak akan berkurang sedikitpun. Terlebih lagi, Kota ini merupakan tempat saya dilahirkan, tempat saya meniti karier politik, tempat saya membesarkan anak-anak, tempat saya menikmati persaudaraan yang hebat, dan InsyAllah saya berharap akan menjadi tempat saya mengakhiri kehidupan ini,” ujar Wali Kota dengan nada haru.

Momentum peringatan hari jadi ini, lanjut Wali Kota, hendaknya menjadi motivasi serta komitmen bagi masyarakat dalam memberikan pengabdian untuk Kota tercinta ini. Jadikan Kota Tanjungpinang sebagai tempat hunian yang nyaman, fungsional, maju dan bermartabat.

”Mari kita ciptakan sinergitas antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat. Kita maksimalkan seluruh potensi yang ada, dalam rangka mewujudkan Tanjungpinang cemerlang dan selalu dikenang dari generasi ke generasi,” harapnya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here