Listrik Galang Dikelola Swasta

0
654
LISTRIK: Petugas PLN saat memeriksa sirkuit listrik di Galang, kemarin. Kini warga setempat sudah menikmati listrik PLN Persero. Namun awal tahun depan, listrik Galang akan diserahkan pengelolaannya ke swasta yakni, Bright PLN Batam. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Warga Galang, Batam mulai menikmati listrik dari PLN setelah selama ini hanya mengandalkan genset. Listrik ke rumah warga mulai mengalir bertepatan HUT PLN Batam, Selasa (4/10). Namun untuk pengelolaan listriknya, nanti masih dilakukan PLN Persero Tanjungpinang. Namun direncanakan awal tahun 2018, sudah diserahkan ke Bright PLN Batam.

Peresmian dilakukan Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha Bright PLN Batam, Khusnul Mubien, Selasa (3/10). Secara resmi aliran listrik PLN Batam dinikmati warga itu, ditandai dengan menghidupkan meteren listrik, oleh Khusnul. ”Awal 2018 direncanakan akan diserahkan PLN Persero Pekan Baru melalui PLN Tanjungpinang, ke Bright PLN Batam,” ungkap Khusnul.

Nantinya, setelah diserahkan, otomatis listrik di Galang akan dilayani PLN Batam. Untuk saat ini, listrik sekarang masih dikelola PLN Tanjungpinang. ”Rencananya awal 2018, tapi kapanpun diserahkan, PLN Batam siap menerima. Kalau sekarang, kalau ada listrik, itu lapornya ke PLN Tanjungpinang,” sambungnya.

Nantinya, jika pengelolaan listrik diserahkan ke PLN Batam, mereka akan melakukan sambungan baru ke Galang Baru. ”Kalau sekarang, pelanggannya tetap PLN Tanjungpinang, tapi kita bantu distribusi dayanya,” imbuhnya.

Terkait sambungan listrik di Sungai Raya, Sembulang, Kecamatan Galang, yang terlayani baru untuk 21 pelanggan. Dengan demikian, mereka akan mendapat sambungan listrik selama 24 jam perhari. ”Kalau ada pelaggan rumah tangga dan industri, sampai Sembulang Ujung itu, sudah bisa mengajukan sambungan baru. Kalau untuk lewat itu sampai Galang Baru, tunggu diserahkan PLN Tanjungpinang ke kita,” imbuh Khusnul.

Sementara ini, sambungan dilakukan sampai Polsek Galang, karena keterbatasan anggaran. Dengan sambungan listrik itu, diharap dapat menaikkan perekonomian masyarakat. ”Mohon doanya, agar PLN bisa melayani dengan kualitas baik,” harapnya.

Sementara Camat Galang, Amri Amis mengatakan, dari dulu persoalan di wilayah kerjanya, terkait listrik dan air, selain lahan. Sehingga dinilai langkah PLNmenerangi Galang, akan mendorong ekonomi masyarakat.

”Mudah-mudahan PLN bisa terus menambah sambungan sampai hinterland. Ini karena ada juga masyarakat yang lapor, cemburu. Kenapa Sei Raya yang dapat, mereka tidak dapat,” sambungnya.

Dengan sambungan listrik dari PLN, maka masyarakat tidak hanya menikmati listrik pada malam hari saja. Amri berharap, dalam waktu dekat, PLN akan melakukan sambungan sampai Jembatan 6. ”Karena di sana banyak masyarakat dan usaha. Minimal, tiangnya dulu tahun ini, sudah senang mereka,” bebernya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here