Listrik Menyala Satu Jam Saja

0
399
IZHAR

NATUNA – Camat Bunguran Utara, Izhar menuturkan sejak beberapa hari belakangan ini warga Desa Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara tidak mendapatkan layanan listrik yang maksimal. Mereka mengaku banyak kegiatannya yang terganggu akibat kondisi ini.

Camat Izhar menuturkan kondisi listrik di Teluk Buton sangat memperihatikan. Terhitung sejak tiga hari belakangan ini listrik menyala hanya beberapa saat saja.

”Pada Musrenbang Desa Teluk Buton tadi saya menerima pengaduan mengenai listrik. Sejak tiga hari belakangan ini hanya 1 jam saja listriknya hidup. Susah juga mereka nak berkegiatan terutama sekali kegiatan-kegiatan yang memerlukan daya listrik,” kata Camat Izhar, Selasa (16/1) melalui telepon.

Sebelumnya, layanan listrik di Teluk Buton berlangsung lancar dan menyala hingga 24 jam setiap hari. Hal ini dirasa sangat menguntungkan bagi warga setempat karena keberadaan listrik dapat membantu mereka dalam melakukan berbagai kegiatan.

”Kondisi ini sudah kami sampaikan ke PLN. Mudah-mudahan persoalan ini secepatnya bisa diatasi,” harapnya.

Manager PLN Natuna, Dwi Ristiono membenarkan kondisi di atas. Ia mengatakan secara umum kondisi kelistrikan di Natuna mengalami gangguan akibat kondisi cuaca yang kurang baik.

Dan untuk Teluk Buton, wilayah tersebut merupakan ujung dari Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang disuplai PLTD Ranai.

Sementara di jalur tersebut terdapat beberapa jalur pemutus dan proteksi yang terpasang. Alat ini untuk melokalisir gangguan agar jika terjadi gangguan di salah satu titik tidak berdampak pada titik-titik lainnya.

”Ya betul kondisi itu benar adanya, dan kami terus melakukan upaya perbaikan. Di jalur Teluk Buton itu ada alat proteksi dan pemutus yang kita pasan di beberapa zona dan section,” jelasnya.

”Alat-alat ini sedang kita fungsikan untuk menghindari melusnya gangguan, dan ini hanya bersifat sementara,” tambahnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here