Listrik Tak Menyala, Kantor Camat Diseruduk

0
406
Warga dua desa demo ke Kantor Camat Pulau Laut karena listrik di desa mereka tak menyala, Jumat (2/2). f-istimewa

Warga Kesal, Uang Meteran dan Instalasi Sudah Diterima Biro

Persoalan listrik masih belum terpecahkan di daerah pulau. Persoalan listrik masih mendominasi dari sekian banyak keluhan-keluhan masyarakat kepulauan. Bahkan tak jarang kantor pemerintahan yang didemo warga.

NATUNA – GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun paling sering menerima keluhan-keluhan listrik ini dari masyarakat Kepri yang ada di daerah pesisir karena dirinya sering keliling pulau. Karena itu, Nurdin sudah memerintahkan agar dilakukan pemetaan kebutuhan listrik di pulau-pulau.

Sebenarnya, pihak PLN sudah berjanji akan mengatasi listrik di seluruh Kepri tahun 2019 nanti. Banyak yang sudah dilakukan PLN baik menambah jaringan, genset dan lainnya.

Salah satu persoalan yang membuat masyarakat marah seperti yang terjadi di dua desa di Natuna yakni di Desa Tanjung Pala dan Desa Kadur, Kecamatan Pulau Laut.

Lantaran listrik belum menyala di rumah mereka, warga pun menggelar demi ke kantor camat setempat, Jumat (2/2) sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka menuntut agar listrik di desa mereka segera dinyalakan pihak PLN.

Mereka diterima oleh Camat Pulau Laut, Sudirman dan dikawal oleh sejumlah personel dari Polsek Pulau Laut dan Koramil Pulau Laut. Demo tersebut dipimpin oleh empat orang tokoh masyarakat yakni, H Pauzi, Asmareno, Abdul kadir dan Rusdin.

Camat Sudirman mengatakan, pemicu utama warganya menggelar demo karena masalah uang instalasi dan meteran listrik yang sudah mereka bayarkan kepada biro listrik setempat. Akan tetapi pada nyatanya listrik tidak kunjung dinyalakan.

”Inti tuntutan mereka ada dua yakni mereka meminta agar listrik ke desa mereka segera dipasang dan dinyalakan. Terus mereka juga meminta agar listrik yang sudah menyala di Desa Air Panyang segera dimatikan, biar adil,” kata Camat Sudirman di Pulau Laut, Minggu (4/2) melalui telepon.

Selain itu, mereka juga mempertanyakan kendala yang dihadapi PLN sehingga listrik di desanya tidak kunjung menyala.

Camat Sudirman menjelaskan kepada mereka bahwa pihak PLN sedang melakukan upaya instalasi dan ia meminta agar warga bisa bersabar.

”Saya sampaikan kepada mereka agar bersabar dan jangan sampai mematikan listrik di Air Payang, karena target PLN pada tanggal 11 Februari ini listrik di Pulau Laut bisa menyala secara keseluruhan termasuk Desa Kadur dan Tanjung Pala,” jelas Camat Sudirman.

Selain memberikan penjelasan secara langsung, Camat Sudirman juga memberikan kesempatan kepada Manajer PLN Natuna, Dwi Ristiono untuk memberikan penjelasan kepada warga melalui telepon yang diperdengarkan melalui loadspeaker.

Pada kesempatan itu, Dwi menjelaskan secara umum pihak PLN untuk mempercepat pengerjaan pemasangan aliran listrik. Dan pada tanggal 10-11 Februari ini, PLN akan melakukan uji tes mesin dan jaringan. Jika hal tersebut selesai diuji maka aliran listrik di Kecamatan Pulau Laut langsung dinyalakan.

”Kami mengimbau kepada warga agar tidak melakukan pemadaman listrik di Desa Air Payang yang sudah menyala secara sepihak. Kami mohon maaf permintaan ini kami tidak bisa penuhi,” ungkap Dwi.

Mengenai kendala, Dwi mengaku selama ini kendala cuaca menjadi penghambat utama dalam upaya memasang listrik itu.

”Dan harap maklum kepada semua pihak, kami tidak bisa bekerja cepat karena cuaca yang melanda wilayah kita belakangan ini. Proses distribusi mesin, sparepart, tiang hingga pemasangan jaringan semuannya terkendala karena cuaca,” jelas Dwi.

Begitu orasi dan dialog selesai dilakukan, warga membubarkan diri dengan teratur. Demonstrasi itu berlangsung aman dan terkendali.

”Tapi alhamdulillah demonya aman, semuanya bisa menahan diri dan emosi warga bisa diredam,” ujar Camat Sudirman.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here