Listrik Tiga Pulau Menyala 24 Jam

0
201
PEKERJA PLN saat memasang tiang listrik di daerah pesisir, belum lama ini, f-istimewa/humas pln tanjungpinang

BATAM – Gubernur Kepulauan Riau H Nurdin Basirun meresmikan listrik 24 jam di tiga pulau sekaligus dalam satu hari yakni di Pulau Kasu, Pulau Terong dan Pulau Pecong wilayah Batam.

Peresmian dilakukan di masing-masing Gardu Listrik PLTD Sub ULP Ketiga Pulau, di Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Kamis (25/10).

Nurdin menegaskan upaya peningkatan kesejahteraan adalah terpenuhinya salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat, yakni kelistrikan. Untuk itu pemerintah terus bertekad untuk mencapai kesejahteraan tersebut dengan memenuhi kebutuhan dari masyarakat.

”Keberadaan listrik secara penuh ini diharapkan aktivitas perekonomian kembali bangkit, karena listrik adalah salah satu sarana pendukung,” ujar Nurdin.

Apalagi Kepri sebagai daerah Kepulauan yang mana hidupnya perekonomian tentu berada di pulau-pulau. Nurdin melanjutkan dengan adanya listrik semua aktivitas dapat berjalan, karna listrik bukan sekedar untuk penerangan namun juga dapat bermanfaat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

”Perjalanan masih panjang, dengan slogan habis gelap terbitlah terang maka semua pihak harus terus bekerja keras dalam mewujudkan salah satu kebutuhan pokok masyarakat ini,” lanjut Nurdin. Terakhir kepada semua masyarakat, Nurdin berpesan untuk bersama-sama menjaga keberadaan perangkat kelistrikan ini.

”Semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, serta jaga mesin-mesin yang ada agar listrik dapat berjalan dengan baik,” pesan Nurdin.

Peresmian sendiri ditandai dengan penyalaan mesin listrik oleh Gubernur Nurdin. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan sejumlah paket sembako dan bantuan masjid yang diberikan oleh Gubernur bersama jajaran PLN kepada masyarakat setempat.

Adapun 4 unit mesin PLTD di Pulau Kasu akan memenuhi penggunaan listrik 24 jam untuk 567 pelanggan dengan kekuatan sebesar 150 Kw yang sebelumnya menyala hanya 14 Jam.

”Agar semua pulau-pulau terdepan di Kepri merasakan indahnya keberadaan listrik,” ujar Manager PT PLN Persero Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Tanjungpinang Fauzan melaporkan.

Salah seorang masyarakat Pulau Kasu, Adam menyambut baik atas diresmikannya listrik 24 jam di temlat mereka. Mewakili masyarakat Adam senang akhirnya Pulau Kasu dapat terang menderang seharian penuh.

”Kami bersyukur karna ucapan Bapak Gubernur ketika bersilaturahmi di sini beberapa bulan lalu menyatakan akan melengkapi kelistrikan dan akhirnya hari ini Bapak meresmikannya secara langsung,” ujar Adam.

Gubernur beserta rombongan berlanjut menuju ke Pulau Terong. Di sini listrik yang sebelumnya menyala hanya 14 jam akan menjadi 24 jam dengan 2 unit mesin baru dengan daya puncak sebesar 60 Kw untuk memenuhi 204 pelanggan.

Sebelum meresmikan listrik, Nurdin menuju Masjid Raya Al-Anshar untuk menunaikan shalat dzuhur, beristirahat sejenak untuk makan siang sembari bersilaturahmi dengan masyarakat setempat.

Di sela-sela silaturahmi, Nurdin berpesan kepada seluruh masyarkaat untuk bersama-sama menjaga Pulau yang ditinggali, terutama kekayaan alam yang dimiliki.

”Jage laut kite ni jangan sampai buang sampah di laut, budayakan hidup bersih dan sehat,” pesan Nurdin.

Kemudian Nurdin menuju ke Pulau Pecong yang mana peresmian listrik dilakukan, sebelumnya hanya menyala 7 jam sehari akan meningkat langsung menjadi 24 jam dengan 4 unit mesin baru dengan daya puncak sebesar 160 Kw untuk memenuhi 576 pelanggan.

Sebelum meresmikan listrik, tepat didepan halaman gardu mesin, Nurdin besama sejumlah masyarakat duduk lesehan, pada kesempatan tersebut Nurdin juga mengumpulkan sejumlah anak-anak setempat, seperti biasa, Nurdin melemparkan kuis berhadiah bagi mereka yang menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Sebelum meninggalkan Pulau Pecong, Nurdin menyempatkan diri singgah ke salah satu rumah warga yang mengalami penyakit tumor yakni Yasir yang telah diidap selama 8 Tahun karna terkendala biaya pengobatan, dan baru beberapa bulan mengalami pembengkakan dibagian lutut akibat patah tulang saat bermain bola.

Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Kepri Irwansyah, Staf Ahli Gubernur Syamsuardi, Kepala Dinas Energi dan SDM Amjon. (mas/ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here